Biotri-V datang, busuk buah dan busuk pangkal batang kakao hilang

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit busuk buah kakao yang disebabkan jamur Phytophthora palmivora merupakan salah satu musuh utama petani kakao. Biotri-V yang berbahan aktif spora jamur Trichoderma viride dapat menjadi solusi pendaliannya. Biofungisida racikan peneliti Balittri ini menggunakan bahan pembawa talk dengan kandungan T. viride 108 cfu/gram. T. viride adalah agens hayati yang efektif mengendalikan penyakit tanaman dan berfungsi sebagai pemacu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Jamur ini juga mampu bertahan cukup lama pada kondisi kurang menguntungkan dan efektif dalam memanfaatkan nutrisi. Sifatnya sangat agresif dalam menekan patogen tanaman, baik melalui mekanisme antagonistik maupun hiperparasitik, serta sekaligus sebagai promoter pertahanan tanaman.

 

biotri-v

 

Di pembibitan kakao, Biotri-V mampu menurunkan tingkat serangan P. palmivora sampai 50%, dan terbukti dapat memicu pertumbuhan tanaman serta recovery dari serangan busuk pangkal batang. Pengendalian efektif untuk tanaman kakao di lapang baik busuk buah maupun pangkal batang yang disebabkan P. palmivora ini,  dianjurkan melalui integrasi Biotri-V dengan teknologi budidaya yang baik, yaitu sanitasi, drainase, dan pemangkasan.

Untuk pengendalian penyakit busuk buah kakao, 10 gram biofungisida Biotri-V dilarutkan dalam dalam 1 liter air, kemudian disemprotkan pada seluruh permukaan buah, terutama buah yang masih pentil berukuran 5–10 cm. Selain itu, Biotri-V juga dapat diaplikasikan untuk mengendalikan patogen tular tanah dengan cara menyiramkan larutan biofungisida tersebut pada tanah dan dicampur dengan pupuk organik. (WA)

Highlights



Pengunjung

We have 167 guests and no members online

Statistik

Articles View Hits
1050185

Kunjungan

Hari IniHari Ini471
KemarinKemarin578
Minggu IniMinggu Ini5486
Bulan IniBulan Ini1049
TotalTotal40682
IP Anda : 18.208.187.128

Hak Cipta © 2017 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)
Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62-266-6542181 Fax. +62-266-6542087 e-mail: balittri@litbang.pertanian.go.id, balittri@gmail.com