-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 24 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 876461
Bioindustri dan Bioenergi, Teknologi Masa Kini yang Diminati PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Arifa Chan   
Sabtu, 20 Agustus 2016 08:22

Pada kunjungan para peraih penghargaan nasional dari Kementerian Pertanian ke Agrowidya Wisata Illmiah (AWwi) Kebun Percobaan Pakuwon Balittri Sukabumi (18 Agustus 2016), diperagakan inovasi teknologi yang telah dihasilkan Badan Litbang Pertanian khususnya untuk komoditas perkebunan antara lain kopi, kakao, teh, dan karet. Acara field trip ini diikuti sekitar 200 peserta yang terdiri dari petani, gapoktan, penyuluh, tenaga pendidik pertanian, dan pendamping provinsi dari seluruh Indonesia.

   

Peserta dibagi menjadi empat  kelompok yang dipandu oleh Ir. Dibyo Pranowo, Ir. Bambang Eka Tjahjana, Ir. Yulius Ferry, dan Dr. Samsudin, sesuai dengan areanya, yaitu unit pengolahan bioindustri kopi dan kakao, sumber benih, koleksi dan sumber entres, dan bukit bionergi.  Peserta sempat mengusulkan integrasi ternak lebah saat melihat hamparan tanaman kopi yang sedang berbunga. 

Bioindustri pengolahan kakao menjadi titik tersibuk melayani pertanyaan seputar pengolahan kakao sekaligus pembelian berbagai produk hasil olahan kakao oleh peserta. Dari penjualan produk-produk olahan kopi dan kakao kali ini menghasilkan omset melebihi  5 juta rupiah yang dibeli peserta sebagai cinderamata.

  

Acara field trip berakhir di Bukit Bioenergi/laboratorium lapang bioenergi, para peserta dikenalkan dengan beberapa produk inovasi dan teknologi biodiesel yang pernah dihasilkan Balittri. Ir. Dibyo Pranowo menjelaskan keunggulan dan kualitas bahan bakar nabati dibandingkan bahan bakar yang lain sedangkan, Ir. Yulius Ferry memaparkan kepada peserta proses pembuatan biodiesel beserta alat-alat dan infrastruktur bioenergi yang telah dikembangkan oleh Balittri. Diharapkan dengan kunjungan tersebut, peserta mendapat banyak pengetahuan baru dari pemanfaatan teknologi bioindustri dan bioenergi yang telah dihasilkan. (Syafaruddin/Tajul Iflah/Arifa Chan)

 

Artikel terkait