-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 12 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 837705
Studi Banding dan Bimbingan Teknis Kakao dari Kabupaten Pinrang PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Widi Amaria   
Kamis, 25 Agustus 2016 09:58

Petugas Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) serta kelompok tani perkebunan Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, tanggal 23-25 Agustus 2016 melaksanakan studi banding dan bimbingan teknis pembibitan kakao di Balittri. Kepala Dishutbun, Ir. Moh. Zaenal Hafid, MM. beserta 3 orang staf dan 5 orang perwakilan dari kelompok tani disambut oleh Kasubbag Tata Usaha, Cecep Firman, SP dan beberapa peneliti lintas kelompok peneliti.  Ir. Moh. Zaenal Hafid, MM menjelaskan tujuan kegiatan ini, untuk peningkatan pengetahuan dan pemahaman, serta aplikasi di lapang dari pertugas dinas dan kelompok tani dalam rangka pengembangan komoditas kakao, salah satunya adalah kebun induk kakao. Di samping itu, peserta juga berharap mendapatkan informasi  mengenai budidaya dan pasca panen kakao secara holistik.

Selain diberikan pengantar pada materi ruang oleh para peneliti Balittri, juga dilaksanakan praktikum lapang, antara lain cara penyambungan kakao dengan grafting dan okulasi di area pembibitan kawasan AWwI. Selanjutnya, berkunjung ke Bioindustri Kopi dan Kakao dengan penjelasan cara pengolahan kopi dan kakao, serta  melihat produk yang dihasilkan. Para peserta sangat tertarik dengan mesin-mesin pengolah kakao dan  produk olahan yang telah dihasilkan Balittri. Peserta terlihat antusias dan banyak berdiskusi dengan peneliti dan teknisi.

Pada penutupan, Kepala Dishutbun menyampaikan rasa puas dan berterima kasih dengan penerimaan dan pelayanan yang dilakukan oleh Balittri, "Balittri turun dengan full team", dan berharap di waktu mendatang dapat terjalin kerja sama yg baik antara Balittri dan Kabupaten Pinrang. (Syafaruddin/Cici Tresniawati)

 

Artikel terkait