-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Lapor.go.id
PPID
Kalender Tanam
SKM

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 19 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 846984
Visitasi Tim Penilai Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2016 ke Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Diah Ayu Rahmawati   
Kamis, 22 September 2016 20:28

Berdasarkan hasil penilaian Tim Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2016, Balittri ditetapkan sebagai salahsatu UPT lingkup Kementan yang termasuk dalam peringkat 5 (lima) besar untuk kategori eselon III.  Tim Penilai kemudian melakukan visitiasi ke Balittri pada Hari Rabu (21/09/2016). Anggota tim visitasi terdiri atas perwakilan dari Komisi Informasi Publik, Akademisi Universitas Indonesia, dan Forum Wartawan Pertanian serta didampingi oleh perwakilan dari Biro Humas dan IP Kementan. Kegiatan visitasi ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana implementasi keterbukaan informasi publik di Balittri. Kepala Balittri, Ir. Syafaruddin, P.hD., sangat mendukung keterbukaan informasi meskipun disadari bahwa “terbuka tidak berarti telanjang”, artinya tidak semua informasi dapat disampaikan secara terbuka ke publik.

     

Tim PPID Balittri diminta menunjukkan bukti-bukti administratif terkait pengelolaan informasi dan dokumentasi, penyediaan informasi publik, dan mekanisme pelayanan permohonan informasi publik kepada masyarakat maupun badan hukum lainnya. Setelah melakukan pemeriksaan berkas-berkas yang diperlukan, tim visitasi kemudian berdiskusi dengan tim PPID Balittri sekaligus memberikan saran dan masukan untuk perbaikan pelayanan informasi publik di Balittri. Pelayanan informasi publik disarankan perlu terstandardisasi, lebih rigid, dan harus diantisipasi penanganannya sesuai dengan karakteristik pemohon informasi. Balittri juga diingatkan untuk terus meningkatkan updating informasi, baik melalui situs web maupun media sosial. Diharapkan dengan adanya kegiatan visitasi ini, PPID Balittri bertambah semangatnya dalam memberikan pelayanan informasi publik lebih baik di masa mendatang. (Dani)