-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
PPID
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 9 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 894971
HOT CHOCOLATE dengan Citarasa Nikmat dan Bernutrisi PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Elsera BR Tarigan   
Senin, 28 Mei 2018 10:31

Minuman cokelat popular dengan nama HOT CHOCOLATE karena biasa disajikan dalam keadaan masih panas. Terbuat dari biji kakao yang diolah menjadi pasta dan dikempa sehingga menghasilkan lemak dan bungkil. Bungkil minim lemak dihaluskan dan digunakan sebagai bahan utama minuman cokelat, tepung cake, dan bahan olahan pangan lainnya.

  

Bubuk kakao umumnya masih terasa pahit, sehingga diperlukan inovasi dalam memperbaiki citarasanya. Salah satunya dengan teknik alkalisasi yang juga disebut dengan proses dutching. Proses alkalisasi dilakukan dengan pemberian larutan alkali pada biji kakao, sehingga terjadi perubahan pH dari 5.0-5.6 (asam) menjadi 7-8 (netral). Tidak hanya memperbaiki citarasa, proses alkalisasi juga bermanfaat dalam memberikan efek warna. Semakin mendekati pH 8 maka warnanya semakin cokelat kehitam-hitaman.

Balittri sudah memproduksi minuman cokelat dengan brand PAKUWON. Minuman cokelat PAKUWON merupakan perpaduan bubuk kakao hasil kebun percobaan dengan susu dan gula, sehingga minuman cokelat bercitarasa nikmat dan bernutrisi.