-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 22 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 872698
Mendukung Akselerasi Diseminasi Informasi Inovasi melalui Media Sosial PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Intan Nurhayati   
Kamis, 02 Maret 2017 07:11

 

SUKABUMI - Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan berbagai inovasi dan teknologi untuk memajukan pertanian Indonesia.  Untuk itu, diperlukan suatu upaya diseminasi informasi inovasi dan teknologi yang telah dihasilkan agar sampai kepada masyarakat luas untuk dapat diadopsi dan diaplikasikan secara nyata, khususnya oleh petani. Media sosial merupakan salah satu wadah yang cukup efektif dan efisien dalam diseminasi informasi karena kelebihan dalam hal kecepatan penyebaran dan luas khalayak yang bisa diraih. Namun demikian, diperlukan strategi khusus untuk menampilkan informasi dan gambar agar lebih menarik dan eye-catching.

Hari Rabu, 1 Maret 2017, Balittri menjadi tuan rumah pelatihan smartphone photography, yang merupakan bagian dari rangkaian Workshop Penyusunan Roadmap Diseminasi Balitbangtan dan Fotografi Menggunakan smartphone untuk Optimalisasi Media Sosial, diikuti oleh para pranata humas lingkup Badan Litbang Pertanian. Dalam sambutannya, Kabid KSPHP Puslitbangbun, Dr. Nuning Argo Subekti, S.P., M.Sc., berharap agar para peserta mendapat manfaat dari workshop ini sekaligus bisa mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh. Di bawah instruktur seorang fotografer profesional, Parmadi Budiprasetyo, peserta dibekali ilmu dan keterampilan dasar fotografi dalam menangkap gambar yang baik, antara lain komposisi, pencahayaan, rule of third, dan sudut pengambilan gambar. Selain itu, dijelaskan pula fitur-fitur kamera yang terdapat di smartphone serta aplikasi editing gambar melalui smartphone.

Sebagai ajang latihan pengambilan gambar, para peserta melakukan kunjungan lapang ke Agro Widyawisata Ilmiah, yaitu di area pembibitan, Bioindustri Kopi dan Kakao, serta Bionergy Hills. Dalam suasana yang dinamis dan penuh antusias, peserta memotret objek foto tanaman kopi dan kakao, dilanjutkan dengan proses pengolahan sampai produk kemasan kopi dan kakao. Diakhir acara, dilakukan evaluasi atas hasil bidikan kamera para peserta. Satu demi satu foto “dinilai” oleh instruktur untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Acara ditutup oleh Kasubbag Humas Badan Litbang Pertanian, Nuning Nugrahani, S.Pt., M.Si., yang kembali mengamanatkan agar workshop ini menjadi pendorong para pranata humas dalam mendukung hasil inovasi dan teknologi Badan Litbang Pertanian agar semakin berkibar. (Intan Nurhayati/Cici Tresniawati)