Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
WBS
WBK
Ejurnal
PPID
Kalender Tanam
TV-TANI
WTP
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 53 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 562192
Balittri Semakin Dikenal di Kalangan Universitas PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Asif Aunillah   
Kamis, 27 April 2017 15:11

Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap teori mengenai tanaman perkebunan dari mulai budidaya hingga menjadi produk yang memiliki nilai jual, pada hari ini (27 April 2017) mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitas Nasional Jakarta melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Rombongan mahasiswa yang terdiri dari 18 orang ini langsung dikawal oleh Dekan Fakultas Pertanian Bapak Ir. Inkorena Gern Suzwaina Sukartono, M.Agr. yang juga merangkap sebagai penanggungjawab utama mata kuliah Tanaman Perkebunan.

Rombongan langsung disambut hangat oleh kepala Balittri, Ir. Syafaruddin, Ph.D. Dalam sambutannya kepala Balittri menyampaikan terbukanya peluang menjalin kerjasama antara lain dalam hal penelitian dan magang untuk menunjang pendidikan dan meningkatkan kualitas SDM dosen dan mahasiswa.

Kunjungan di lapangan diawali dengan melihat proses penyulingan minyak serai wangi. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan beberapa varietas tanaman kopi, kakao,  karet, tanaman rempah, tanaman penghasil minyak dan tanaman langka yang menjadi koleksi plasma nutfah di kawasan Agro Widyawisata Ilmiah (AWwI). Selanjutnya, kunjungan ke Bioindustri Kopi dan Kakao, peserta mendapat penjelasan tentang tahapan pengolahan kopi dan kakao sampai pengemasan produk. Tak ketinggalan rombongan berkesempatan menyicipi produk-produk olahan yang ada di unit ini.

 

 

Setelah itu dijelaskan juga tentang cara budi daya kopi, khususnya perbanyakan bahan tanaman kopi melalui stek berakar. Beberapa mahasiswa juga mencoba untuk mempraktekkan secara langsung perbanyakan kopi di bak persemaian.

Kunjungan dilanjutkan ke Instalasi pengolahan biodiesel yang berada di Bioenergy Hills. Disini rombongan mendapatkan penjelasan secara mendalam mengenai pengolahan biodiesel mulai dari tahapan pemanenan hingga menjadi biodiesel serta pengolahan hasil sampingnya.

Antusiasme dan semangat mahasiswa akan tanaman terlihat dari semangatnya mereka berjalan berkeliling di kawasan AWwI yang memiliki luas kurang lebih 70 Ha. Dalam kunjungannya mahasiswa juga membawa buah tangan untuk pengembangan pembelajaran mereka sekembalinya ke kelas berupa bibit beberapa tanaman langka yang ada d Balittri. (Asif Aunillah/Tajul Iflah)