-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 40 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 805305
Field Trip Dinas Perkebunan Kabupaten Se-Jawa Barat ke Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Widi Amaria   
Kamis, 27 Juli 2017 13:21

Empat puluh orang dari kelompok tani dan petugas Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Se-Jawa Barat berkunjung ke Balittri dalam rangka field trip komoditas kopi, kakao, dan karet (26/7/2017). Kunjungan yang dikoordinir oleh Disbun Prov. Jawa Barat ini merupakan rangkaian kegiatan diseminasi teknologi tanaman perkebunan Disbun Prov. Jabar yang hari sebelumnya juga dilaksanakan di Gambung untuk komoditas teh.  Rombongan diterima oleh Kepala Balittri beserta staf. Dalam sambutannya, Ir. Syafaruddin, Ph.D menghimbau agar dengan waktu kunjungan yang singkat ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya. Beliau berharap peserta mendapatkan tambahan pengetahuan baik melalui materi ruang maupun praktek lapang. Jika dirasa masih kurang, bisa dilanjutkan melalui email atau kontak langsung dengan peneliti Balittri.

 

 

Pada kesempatan ini, Tini Sumartini, STP, MM selaku Kasie Sarana Produksi  Disbun Prov. Jawa Barat dan sekaligus ketua rombongan, menyampaikan bahwa  peserta yang hadir berasal dari 15 kabupaten, baik petugas maupun petani dari kelompok tani yang maju. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya menunjang peningkatan produksi, produktivitas, budi daya tanaman perkebunan rakyat, dan meningkatkan nilai tambah. Diharapkan peserta dapat  mengetahui lebih jauh tentang hasil-hasil penelitian dan inovasi yg dihasilkan Balittri, agar nantinya dapat didiseminasikan ke petani di Jawa Barat.

 

Materi yang disampaikan oleh para peneliti sebagai narasumber dari Balittri mengenai inovasi teknologi tanaman kopi, kakao, dan karet. Kemudian untuk memperdalam materi, peserta melakukan praktek lapang di Agrowidya Wisata (AwWI). Peserta diajak berkeliling areal kebun benih sumber dan pembibitan tanaman kopi, serta mempraktekkan cara perbanyakan tanaman kopi menggunakan setek berakar. Peserta juga berkesempatan mengunjungi unit bioindustri kopi dan kakao dan dapat melihat proses pengolahan kopi dan kakao serta mencicipi dan memborong olahan keduanya.

Diskusi hangat mewarnai suasana  peserta yang terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Sebagian besar tertarik dengan produk inovasi pupuk hayati, biofungisida mikrob, penyulingan serai wangi, produk olahan kopi dan kakao, serta kemungkinan untuk kerja sama dalam pelepasan varietas. (Widi Amaria & Dewi Nur Rokhmah)

 

Artikel terkait