-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
TV-TANI
satu-layanan
SKM
Lapor.go.id
Saber Pungli
WBS
Ejurnal
WBK
PPID
Kalender Tanam
perpus_digital

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 975436
Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Wonosobo Menjadi Mitra Kerja Sama Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Dewi Nur Rokhmah   
Jumat, 04 Agustus 2017 21:00

BALITTRI— Jum’at (04/08) dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman/MoU antara Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan (Disperta) Kab. Wonosobo dengan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) tentang pengembangan tanaman industri dan penyegar. Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Disperta Kab. Wonosobo dengan Organization for Industrial and Cultural Advancement (OISCA) Pendidikan Internasional Indonesia tentang pengembangan teh rakyat di Kabupaten Wonosobo.

 

 

Acara dihadiri oleh Kepala Balittri dan staf peneliti, Kepala Disperta dan Sekretaris Bappeda Kab. Wonosobo beserta staf, Direktur OISCA dan staf, serta beberapa kelompok tani Kab. Wonosobo. Dalam sambutannya, Ir. Syafaruddin, Ph.D. menyampaikan bahwa Balittri senantiasa terbuka untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah maupun pihak lain. Sekretaris Bappeda, Asngari, S.Sos. dan Kepala Disperta Kab. Wonosobo, Ir. Abdul Munir,M.Si. menyampaikan, kunjungan ini selain menjalin kerja sama, sekaligus dalam rangka kunjungan kerja  untuk mengenal lebih dekat  tentang Balittri. Selain komoditas teh, diharapkan selanjutnya dapat bekerja sama untuk komoditas lain seperti kopi dan kakao.

 

 

Setelah penandatanganan Nota Kesepahaman oleh kedua pihak, acara dilanjutkan dengan kunjungan lapang  ke Agro Widyawisata Ilmiah (AWwI) untuk menambah pengetahuan bagi rombongan tersebut. Kunjungan di lapangan diawali dengan melihat proses penyulingan minyak serai wangi. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan beberapa varietas tanaman kopi, kakao, karet, tanaman rempah, tanaman penghasil minyak dan tanaman langka yang menjadi koleksi plasma nutfah di kawasan AWwI. Peserta juga berkesempatan mengunjungi Unit Bioindustri Kopi dan Kakao dengan melihat proses pengolahan kopi dan kakao serta mencicipi dan memborong olahan keduanya. (Dewi Nur Rokhmah/Yulia)