-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 21 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 900870
Diskusi dan Sharing antar Stakeholder Industri Kopi di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Elsera BR Tarigan   
Rabu, 09 Agustus 2017 16:35

Kepopuleran kopi yang semakin mendunia, menarik minat para pecinta, pengusaha dan penggerak organisasi perkopian untuk selalu mengulik nilai-nilai kopi, khususnya kopi Nusantara yang kaya akan citarasa.

 

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) selaku UPT yang menangani komoditas kopi mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya dan Pascapanen Kopi (9 Agustus 2017). Peserta Bimtek dihadiri oleh Sekjen Agribisnis, Ketua Coffee Lovers Indonesia (CLI), Koperasi kopi Indonesia, pengusaha kopi, Barista dan pecinta kopi. Acara dibuka oleh Ir. Gayatri K. Rana, MSc (Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian/PUSTAKA).  Beliau mengucapkan terimakasih atas partisipasi para peserta dan mengharapkan agar peserta dapat menggali tentang ilmu Perkopian selama di Balittri.

 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan selayang pandang Balittri dan materi terkait budidaya dan pascapanen kopi oleh Dr. Samsudin. Acara dilanjutkan dengan praktek lapang di Agrowidya Wisata Ilmiah (AwWI)  Balittri, meliputi pengenalan varietas kopi robusta dan arabika, pembuatan stek berakar kopi robusta, dan pengolahan kopi.

 

Bimbingan teknis kali ini diharapkan membuka peluang kerja sama antar stakeholder yang bergerak di industri kopi sehingga pengembangan kopi Indonesia  semakin pesat dan bisa semakin dikenal di pasar Internasional. (Elsera Tarigan/Intan Nurhayati/Tajul Iflah)

 

Artikel terkait