-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 20 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 876505
Balittri: Tempat Menimba Ilmu Kopi dan Kakao Berbagai Universitas Dalam dan Luar Negeri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Dewi Nur Rokhmah   
Minggu, 20 Agustus 2017 19:38

Dengan semakin dikenalnya Balittri di lingkup universitas, Balittri kembali menjadi tujuan kegiatan akademik yang kali ini merupakan rangkaian kegiatan Summer Course Program 2017 yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB).  Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa dari beberapa universitas di Jepang, yaitu: Ibaraki University, University of Tsukuba, University of the Ryukyus, Kochi University, serta mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN)  "Veteran"  Yogyakarta dan IPB. Kegiatan ini juga diikuti oleh dosen tamu dari Ibaraki University, Jepang  dan Central Luzon State University, Filipina serta beberapa dosen dari IPB. Kunjungan di  Balittri ( 18 Agustus 2017)  dilakukan untuk memberikan gambaran nyata mengenai proses budidaya dan pengolahan kopi dan coklat.

 

Rombongan tamu diterima oleh Kepala Balittri, Ir. Syafaruddin, Ph.D. Dalam sambutannya,  Kepala Balittri menyampaikan bahwa Balittri sangat terbuka untuk kegiatan kerjasama dengan perguruan tinggi, baik berupa kunjungan maupun untuk penelitian, magang, dan praktek kerja lapang  dalam rangka menunjang pendidikan dan meningkatkan kualitas mahasiswa.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan selayang pandang Balittri yang disampaikan oleh Kasie Yantek dan  Jaslit, Dr. Samsudin, serta  pemaparan materi mengenai budidaya tanaman kopi dan kakao oleh Ir. Handi Supriadi dan Asif Aunillah, M.Sc. Dalam kunjungan tersebut, rombongan mahasiswa diarahkan untuk mengenal lebih dekat mengenai budidaya dan pengolahan kopi dan kakao.

 

 

Acara inti, yaitu kunjungan lapang ke AWwi dimana rombongan diperkenalkan dengan  teknik pembibitan dan budidaya kopi dan kakao  yang baik serta pengelolaan hulu-hilir kopi dan kakao termasuk pengolahan pascapanen kopi dan kakao hingga menjadi produk yang siap dipasarkan, baik dalam bentuk bubuk cokelat dan kopi serta variasi permen cokelat.  Selain itu, rombongan juga berkesempatan mengenal berbagai koleksi tanaman industri dan penyegar di AWwi. Para mahasiswa tampak antusias berdiskusi dengan para peneliti Balittri yang mendampingi guna mendapatkan pengetahuan seputar budidaya dan pengolahan kopi dan kakao.

 

Artikel terkait