-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 19 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 900922
Kembali ke Balittri, Demi Mengharumkan Kopi PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Intan Nurhayati   
Rabu, 23 Agustus 2017 21:05

Mengingat Balittri merupakan satu-satunya lembaga pemerintah yang dimandati untuk penelitian dan pengembangan kopi dan tanaman perkebunan lainnya di Indonesia, maka tak heran bila Balittri menjadi rujukan dalam pembelajaran pengembangan kopi.  Untuk kedua kalinya Balittri menjadi tuan rumah Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya dan Pascapanen Kopi pada Rabu, 23 Agustus 2017.  Sebelumnya  telah diadakan kegiatan serupa pada 9 Agustus lalu.  Mengingat animo masyarakat yang cukup tinggi, maka kegiatan bimtek pun diadakan kembali dan tidak menutup kemungkinan adanya bimtek gelombang berikutnya.

Sebelum beranjak ke kunjungan lapang, para peserta dibekali dengan paparan mengenai kopi.  Diawali oleh Ir.  Gayatri K. Rana, M.Sc.  (Ka Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian/PUSTAKA). Beliau mengharapkan agar para peserta bisa menggali  ilmu  yang lebih dalam tentang  budidaya dan pengolahan pasca panen kopi.  Sementara itu, Ka Balittri, Ir Syafaruddin, Ph.D, memperkenalkan Balittri dan pencapaian-pencapaian yang telah dihasilkan diantaranya inovasi teknologi yang ramah lingkungan seperti  biopestida dan pupuk hayati dan produk olahan  lainnya, serta  varietas-varietas unggul yang telah berhasil dilepas.

Materi utama, berupa paparan tentang seluk-beluk dan teknologi budidaya kopi disampaikan oleh peneliti senior Balittri, yaitu Ir. Handi Supriadi.  Success story petani kopi Indonesia yang berhasil di tingkat nasional maupun yang berhasil mengharumkan kopi Indonesia di tingkat internasional yang disampaikan oleh beliau sungguh inspiratif.  Selanjutnya Dr. Samsudin, M.Si. menjelaskan mengenai hama dan penyakit tanaman kopi serta solusi penanganannya.

Peserta bimtek kali ini berasal dari latar belakang yang beragam, baik petani, pengusaha agribisnis kopi, penikmat kopi, dari lembaga pemerintah maupun pemerhati kopi di Indonesia.   Pada sesi perkenalan, diketahui beragam motivasi peserta mengikuti kegiatan bimtek ini dan kontribusi mereka dalam kancah perkopian Indonesia.  Misalnya, Bapak Ir Lukas Christian, dari Koperasi Komunitas Kopi Indonesia, mengungkapkan upayanya yang unik dalam mempopulerkan kopi Indonesia yaitu Kopi untuk Persahabatan (Coffee for Friendship) dengan cara membagi kopi spesialti Indonesia secara gratis.

Pembelajaran lapang kemudian dilaksanakan di AWwi dan didampingi oleh Dr. Samsudin, M.Si., dimana peserta dikenalkan secara langsung dengan jenis-jenis dan varietas tanaman kopi. Selain itu peserta belajar mengenai teknik-teknik pebanyakan kopi melalui setek berakar dan diakhiri dengan demo dan penjelasan proses pengolahan kopi yang disampaikan oleh Ir. Juniaty Towaha.

 

Artikel terkait