-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
perpus_digital
Ejurnal
Kalender Tanam
WBS
Pakar Kopi
Saber Pungli
SKM
satu-layanan
PPID
WBK
pui-balittri
TV-TANI
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 91 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1250972
Upaya Menduniakan Kopi Robusta Sumatera Selatan PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Tajul Iflah   
Kamis, 24 Agustus 2017 14:05

Sebagai salah satu dari tiga daerah penghasil kopi Robusta yang dikenal dengan istilah Segitiga Emas, Provinsi Sumatera Selatan kurang dikenal gaungnya dalam dunia perkopian. Padahal data dari Pusat Statistik menunjukkan Provinsi Sumatera Selatan menghasilkan kopi Robusta sebesar 20% dari total produksi nasional. Dengan nilai produksi yang cukup tinggi ini menjadikan kopi yang berasal dari Sumatera Selatan memiliki peluang untuk lebih dikenal dunia.

Salah satu upaya untuk mencapai hal tersebut, Kepala Dinas Perkebunan Sumatera Selatan  Ir. H. Fakhrurrozi Rais melakukan kunjungan kerja ke kantor Balittri didampingi oleh Dian Eka Putra, STP., M.Si (Kepala Sub Bagian Perencanaan),  Havizman, SP., M.Si (Kepala Seksi Perbenihan), dan Ir. Benyamin MSi (Kepala Bidang Produksi). Dalam kunjungan ini Dinas Perkebunan Sumatera Selatan memaparkan keinginan untuk dapat mengembangkan kopi Pagaralam dengan bantuan tim peneliti dan tenaga ahli yang dimiliki oleh Balittri.

Maksud tersebut direspon dengan positif oleh Kepala Balittri  Ir. Syafaruddin, Ph.D yang menyambut rombongan dengan didampingi oleh beberapa peneliti handal dari berbagai bidang ilmu. Pada kesempatan itu,  Kepala Balittri juga memaparkan beberapa hasil penelitian kopi Robusta Pagaralam yang kegiatannya telah dilaksanakan sejak tahun 2016.

Langkah selanjutnya diharapkan dapat segera diadakan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama antara Balittri dengan Provinsi Sumatera Selatan. Dengan demikian gayung pun bersambut sehingga keinginan untuk mengembangkan kopi Robusta Pagaralam di kancah perkopian dunia dapat segera terwujud.