-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 872688
Studi Banding ke Balittri, Kabupaten Pinrang Ingin Kembalikan Kejayaan Kakao di Wilayahnya PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Dani   
Rabu, 04 Oktober 2017 09:04

Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, dikenal sebagai salah satu sentra produksi tanaman perkebunan, terutama kakao dan kopi. Namun demikian, saat ini kondisi pertanaman kakao dan kopi di wilayah tersebut sudah kurang produktif sebagian besar tanaman sudah berumur tua. Bupati Pinrang bertekad untuk mengembalikan kejayaan kakao di wilayahnya sehingga diperlukan langkah-langkah konstruktif untuk mendukung program peningkatan produktivitas kakao. Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pinrang, Ir. H. Muhammad Amir Riu, MP., dalam pembukaan acara studi banding beberapa orang staf dan perwakilan kelompok tani di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) (Selasa, 4/10/2017). Dalam kesempatan tersebut Muhammad Amir juga berharap agar peserta studi banding mampu menyerap ilmu pengetahuan di Balittri dengan sebaik-baiknya.

Kepala Balai Tanaman Industri dan Penyegar, Ir. Syafaruddin, Ph.D., dalam sambutannya sangat mengapresiasi kepercayaan dari pemerintah daerah Kabupaten Pinrang kepada Balittri. Ditegaskan pula oleh Kepala Balai bahwa Balittri senantiasa siap membantu daerah dalam mengembangkan komoditas kopi dan kakao sekaligus meningkatkan kapasitas SDM melalui program pelatihan/magang. Komunikasi antara pihak pemerintah daerah dengan Balittri dapat dijalin melalui berbagai media komunikasi yang tersedia saat ini.

Rombongan peserta studi banding selanjutnya dipandu ke Agro Widya-wisata Ilmiah (AWwI) untuk melihat perkembangan inovasi teknologi di Balittri sekaligus berdiskusi di lapangan. Dr. Ir. Samsudin, M.Si., selaku pemandu mengarahkan peserta ke kebun induk kakao BL50 dan kebun entres kopi Robusta sekaligus memberikan penjelasan mengenai kegiatan perbenihan kopi, kakao, dan karet di Balittri yang didanai APBN-P 2017. Peserta juga diberi kesempatan untuk menyaksikan proses pembenihan setek satu ruas kopi Robusta. Sebagai akhir rangkaian acara, para peserta dipandu menyaksikan proses pembuatan beragam produk cokelat di unit bioindustri Balittri.