-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
WBK
WBS
Sigap UPG
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Lapor.go.id
PPID
SKM
Saber Pungli
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 35 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 841553
Kunjungan Kerja Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan dan Komisi II DPRD Kabupaten Kolaka ke Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Syafaruddin   
Kamis, 12 Oktober 2017 10:48

Kakao merupakan komoditas ekspor yang dikembangkan dan menjadi unggulan masyarakat petani di Kabupaten Kolaka. Peningkatan nilai tambah dan daya saing olahan komoditas kakao menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat petani. Peningkatan nilai tambah dan daya saing komoditas kakao dapat diperoleh melalui budidaya yang baik dan proses pengolahan tanaman kakao menjadi beragam produk olahan yang dapat dipasarkan dan menambah penghasilan khususnya bagi masyarakat yang mengusahakan komoditas kakao.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka yang dipimpin oleh Bapak Kadis beserta staf, bersama Ketua Komisi II DPRD dan staf Kabupaten Kolaka melakukan studi banding untuk melihat teknik budidaya dan proses pengolahan komoditas di Balittri pada hari Kamis 12 Oktober 2017.

Menanggapi maksud dan tujuan tersebut, Balittri membuka diri dan sangat siap untuk membantu mewujudkan visi tersebut. Tanya jawab dan diskusi terkait hal tersebut pun berlangsung dalam suasana santai dan hangat.Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Kepala Balittri beserta staf. Penyambutan dimulai dengan mendengarkan pemaparan maksud dan tujuan rombongan dimana Kabupaten Kolaka ingin kembali berjaya sebagai daerah penghasil kakao nusantara. Selama ini Kolaka memendam hasrat untuk meningkatkan dan memperbaiki citra perkakaoan sehingga ikon Kolaka sebagai kota Kakao menjadi suatu kebanggaam tersendiri.

Setelah diskusi di ruangan, tentunya belum lengkap kalau tidak berkunjung ke pusat perbenihan Balittri dan pastinya juga ke unit pengolahan bioindustri kopi dan kakao. Di sini rombongan sangat antusias ingin mengetahui berbagai hal mulai teknik budidaya hingga pengolahan produk akhir berupa cokelat dan bubuk kakao. Tak lupa pula mereka membeli produk-produk olahan inovasi Balittri sebagai buah tangan kembali ke daerah. Diharapkan dari kunjungan ini dapat dirumuskan langkah-langkah konkrit untuk mewujudkan kejayaan kakao di Kolaka.

 

Artikel terkait