-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Lapor.go.id
PPID
Kalender Tanam
SKM

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 16 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 846979
Tim Penilai Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2017 Lakukan Visitasi ke Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Diah Ayu Rahmawati   
Jumat, 13 Oktober 2017 11:41

Dalam rangka implementasi keterbukaan informasi publik di Kementerian Pertanian, Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik melakukan kegiatan Pemeringkatan Informasi Publik Lingkup Kementerian Pertanian tahun 2017 dimana saat ini Balittri telah menyelesaikan tahap penilaian melalui formulir Self Assesment Questionnaire (SAQ) dan website oleh tim penilai independen dan berhasil kembali terpilih lima besar kategori PPID Pelaksana UPT untuk lanjut ke tahap penilaian visitasi.

Pada hari Kamis (12/10/2017) Tim Visitasi telah mengunjungi PPID Balittri untuk melakukan penilaian. Kegiatan ini diawali dengan penerimaan secara resmi oleh Kepala Balittri, Ir. Syafaruddin, Ph.D didampingi Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian Balittri Dr. Ir. Samsudin, M.Si dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balittri Cecep Firman, SP selaku ketua tim PPID Balittri, dan dilanjutkan dengan pemaparan secara singkat tujuan visitasi oleh tim assesor dari Komisi Informasi Pusat, Bambang Hardi Winata, Tya Tirta Sari, Rizki Susanto, dan Ardiyansyah dari Universitas Indonesia yang didampingi oleh Mufrida Irfayani dari Biro Humas dan IP Kementerian Pertanian.

Poin penting penilaian visitasi kali ini fokus kepada eviden administratif, kelengkapan sarana dan fasilitas layanan, pola kerja dan prosedur layanan secara langsung maupun melalui portal PPID, pemenuhan konten dan pelaksanaan teknis melalui website yang mendukung keterbukaan informasi publik, dan pelibatan media sosial serta pelaksanaannya.

Tim PPID Balittri diminta menunjukkan bukti-bukti administratif terkait pengelolaan informasi dan dokumentasi, penyediaan informasi publik, dan mekanisme pelayanan permohonan informasi publik kepada masyarakat maupun badan hukum lainnya. Setelah melakukan pemeriksaan berkas-berkas yang diperlukan, tim visitasi kemudian berdiskusi dengan tim PPID Balittri sekaligus memberikan saran dan masukan untuk perbaikan pelayanan informasi publik di Balittri.

Pada kesempatan yang sama, pelaksanaan visitasi dan penilaian PPID Balittri diliput oleh TVTANI yang merupakan media informasi pertanian resmi Kementerian Pertanian, yang juga meliput kegiatan perbenihan dan produk kopi serta meliput Balittri secara utuh sebagai Unit Pelaksana Teknis di  lingkup Kementerian Pertanian.

Diharapkan dengan adanya kegiatan visitasi ini, PPID Balittri lebih termotivasi dalam memberikan pelayanan informasi publik yang lebih baik sehingga dalam  melakukan tanggung jawabnya dalam penyediaan, pendokumentasian, pengamanan informasi, dan pelayanan informasi publik secara cepat, tepat, dan optimal kepada masyarakat. (Diah Ayu Rahmawati/Arifa Chan/Dermawan Pamungkas)