-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
Lapor.go.id
Saber Pungli
SKM
WBS
Ejurnal
PPID
Kalender Tanam
WBK
Sigap UPG
perpus_digital
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 19 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 980672
Demo Alat Laboratorium untuk Mengukur Kebutuhan Air Tanaman dan Kelembapan Tanah PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Nur Kholilatul Izzah   
Rabu, 11 Oktober 2017 15:18

Untuk mendukung kegiatan penelitian terutama di bidang penggunaan air oleh tanaman dan korelasinya dengan kadar air di dalam tanah, telah diadakan demo alat laboratorium pada tanggal 11 Oktober 2017 di aula lt. 2 Balittri. Acara dibuka oleh Kasie Yantek Balittri Dr. Samsudin, M.Si. dan dihadiri oleh para peneliti, calon peneliti dan teknisi litkayasa.

Pada kesempatan ini, PT Eldepe Kalibrasi Instrumenindo memperkenalkan alat sap flow meter yang dapat mengukur aliran getah atau transpirasi pada tanaman serta alat soil moisture meter yang berfungsi untuk mengukur kadar air tanah secara otomatis tanpa harus mengeringkan tanah terlebih dahulu. Penjelasan mengenai fungsi dan kegunaan alat laboratorium tersebut disampaikan oleh Direktur PT Eldepe Kalibrasi Instrumenindo, Bapak Anthony Salim dan staf.

Dengan mengetahui besarnya transpirasi pada tanaman menggunakan alat sap flow meter, maka secara tidak langsung dapat diketahui efektivitas penggunaan air oleh tanaman. Menariknya alat tersebut dapat mencatat penggunaan air oleh tanaman pada setiap waktu, sehingga dapat diketahui kapan tanaman tersebut membutuhkan air serta kebutuhan air tanaman. Keuntungan lain dari alat tersebut adalah dapat digunakan dimana saja dengan hanya sedikit melukai tanaman yang diamati. Alat sap flow meter ini merupakan seperangkat alat yang terdiri dari sensor aliran getar, data logger, perangkat lunak interface dan baterai yang dapat diisi dengan panel surya eksternal.

 

‚ÄčAcara dilanjutkan dengan praktek langsung di lapang untuk memperlihatkan cara pemasangan alat sap flow meter. Sebagai contoh, alat tersebut dipasang pada batang utama tanaman kakao untuk mengetahui penggunaan air pada tanaman kakao. Selain memasang alat sap flow meter pada pohon kakao, juga dilakukan pemasangan alat soil moisture meter pada tanah disekitar tanaman kakao untuk mengetahui kadar air tanah. Alat sap flow meter yang telah terpasang pada pohon kakao tersebut dapat terhubung ke laptop menggunakan perangkat lunak interface untuk mengecek apakah alat telah terpasang dengan baik dan selanjutnya untuk mencatat penggunaan air.

Data penggunaan air oleh tanaman kakao dapat diketahui sehari setelah pemasangan alat. Pemasangan alat tersebut pada tanaman dapat disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Dengan menggunakan alat sap flow meter ini dapat diketahui waktu penyiraman yang tepat dan jumlah kebutuhan air untuk setiap tanaman, sehingga pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal dan dapat meningkatkan produktivitas tanaman.