-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
PPID
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 20 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 894976
Selamat Tinggal 2017, Selamat Datang 2018 PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Intan Nurhayati   
Jumat, 29 Desember 2017 15:14

Tahun 2017 tinggal menghitung jam dan 2018 sudah diambang pintu.  Saatnya mengevaluasi yang sudah dikerjakan dan menyusun target-target baru yang akan dikejar tahun depan. Untuk itu, pada hari Kamis, 28 Desember 2017 telah berlangsung Seminar  Laporan Akhir Penelitian 2017 dan Proposal Penelitian tahun 2018 di Aula Lantai 2 Balittri, Sukabumi. Pada acara tersebut disampaikan 5 laporan akhir penelitian dari segenap Kelompok Peneliti (Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman, Proteksi Tanaman, dan Ekofisiologi) Balittri.

Pada tahun 2017, Balittri sudah melakukan berbagai penelitian terhadap 4 komoditi mandat utama (kopi, kakao, teh, dan karet) , meliputi penambahan koleksi plasma nutfah, percepatan pelepasan varietas kakao dan teh (sudah dilepas pada bulan April dan November 2017), pengendalian VSD pada tanaman kakao dan PBKo pada tanaman kopi dengan pestisida nabati dan agensia hayati.

Selain itu, dilakukan juga seminar 9 proposal kegiatan penelitian untuk tahun anggaran 2018, yang meliputi 4 mandat komoditi utama tersebut serta komoditi tambahan yaitu kemiri sayur dan macadamia.  Dengan adanya masukan dari evaluator dan audiens, maka diharapkan proposal penelitian 2018 bisa lebih disempurnakan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai (Syafaruddin, Ph.D.) menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya atas keberhasilan Balittri melepas varietas kakao dan teh tersebut  dan mengharapkan agar untuk tahun 2018 dapat kembali melepas satu komoditas teh dan dua komoditas kopi.

Semoga apa yang telah dikerjakan pada tahun 2017 memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan pertanian Indonesia dan 2018 menjadi momen bagi Balittri untuk mencatat keberhasilan selanjutnya.  Maju terus pertanian Indonesia! (Intan/Ilham)