-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
satu-layanan
Saber Pungli
SKM
WBS
TV-TANI
WBK
perpus_digital
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 14 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 776455
Laboratorium Pengujian Balittri Tingkatkan Pelayanan Publik PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Setty Utami   
Jumat, 05 Januari 2018 07:54

Setiap instansi pemerintah mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayanan optimal kepada para stake holders sesuai bidang dan mandat masing-masing. Demikian halnya dengan Balittri. Sejak terakreditasi oleh KAN pada tanggal 25 April 2017, Laboratorium Pengujian Balittri berkompeten menerima sampel uji penelitian berupa tanah, jaringan tanaman, dan pupuk. Parameter uji diantaranya kadar air, kadar abu, pH, C organik, tekstur tanah, unsur hara makro dan mikro, protein, lemak dan kafein.

Laboratorium Pengujian Balittri didukung peralatan yang mutakhir diantaranya  Atomic Absorption Spectroscopy (AAS), Spektrofotometer Uv-Vis, dan Soxhlet Extraction. Untuk menjamin mutu, laboratorium pengujian Balittri telah melakukan Uji Kalibrasi untuk setiap alat pengukuran dan mengikuti Uji Profisiensi ke Balai Penelitian Tanah (Bogor).

Disamping peralatan di atas, perangkat analisa molekuler juga melengkapi sarana prasarana laboratorium, seperti Realtime PCR machine serta pendukung lainnya, sehingga pelaksanaan kegiatan analisa terkait DNA dan molekuler lainnya dapat dikerjakan di sini sesuai dengan prosedur yang berlaku. Selain peralatan canggih, Laboratorium Balittri juga didukung dengan adanya SDM yang handal dan professional

Tidak hanya bagi para peneliti lingkup dan luar Balittri, pelayanan laboratorium uji Balittri  juga terbuka untuk masyarakat luas dari berbagai kalangan untuk menganalisakan sampel ujinya baik berupa tanah, jaringan tanaman ataupun pupuk, seperti yang sudah berlangsung beberapa tahun ini misalnya dari perguruan tinggi, dinas pemerintah dan juga swasta.

 

Artikel terkait