Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
TV-TANI
Sigap UPG
perpus_digital
Kalender Tanam
satu-layanan
Ejurnal
Saber Pungli
PPID
WBS
WBK

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 56 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 706606
Field Trip ke Balittri Hangatkan Kebersamaan Peserta Raker Puslitbang Perkebunan PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Cici Tresniawati   
Senin, 15 Januari 2018 08:06

Sabtu, 13 Januari 2018, Balittri menjadi destinasi field trip peserta Rapat Kerja Puslitbang Perkebunan yang diselenggarakan 10-13 Januari 2018. Rombongan peserta field trip dipimpin langsung Kepala Puslitbang Perkebunan, Dr. Fadry Djufri, M.Si., didampingi Kepala Balittri, Ir. Syafaruddin, Ph.D. dan Kepala Balittas, Ir. Emy Sulistyowati, M.Ag., Ph.D.


Setelah rehat sejenak sambil menikmati produk hot coffee dan hot chocolate Balittri, rombongan peserta field trip dipandu oleh Dr. Ir. Samsudin, M.Si., mengunjungi Kebun Benih di Kebun Percobaan Pakuwon dan Agro Widya Wisata Ilmiah (AWWI). Peserta field trip diajak menyaksikan langsung hasil kerja keras Balittri dalam mendukung program perbenihan perkebunan tahun 2018. Hamparan benih kakao, kopi robusta, dan karet, dan kopi arabika dengan sarana penunjangnya merupakan cerminan optimisme dan keseriusan Balittri dalam mensukseskan program tersebut.

Rombongan kemudian bergerak mengunjungi instalasi penyulingan minyak serai wangi. Di sini diperoleh penjelasan bahwa bahan bakunya, yaitu tanaman serai wangi, dapat difungsikan sebagai tanaman sela di antara tanaman kopi. Selain menguntungkan dari sisi ekonomis, penanaman serai wangi juga dapat berfungsi sebagai penolak (repellent) hama penggerek buah kopi (PBKo).


Di sela-sela kegiatan fieldtrip, para peserta tidak lupa mengabadikan keceriaan dengan berfoto bersama berlatar belakang kebun koleksi plasma nutfah tanaman perkebunan yang eksotik atau kebun benih yang tertata rapi. Ini sekaligus menghangatkan kebersamaan dan kekompakan antar kolega dalam lingkup Puslitbang Perkebunan.


Setelah puas berkeliling kebun, peserta field trip berkesempatan mencicipi produk permen coklat di unit pengolahan cokelat Bioindustri. Acara diakhiri dengan ramah tamah di bawah rindangnya pohon pinus dengan penuh kehangatan dan keceriaan.


 

Artikel terkait

script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });