-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 26 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 805401
Mahasiswa UNS Solo dan Politeknik Pangkep Perkaya Ilmu di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Cici Tresniawati dan Nendyo Adhi Wibowo   
Senin, 22 Januari 2018 08:52

Kamis, 18 Januari 2018. Awal tahun 2018 Balittri kembali menjadi destinasi magang beberapa institusi pendidikan di Indonesia. Informasi dari website Balittri tentang teknologi, produk, fasilitas laboratorium yang terakreditasi dan sarana serta prasarana budidaya tanaman perkebunan khususnya kakao, kopi, teh dan karet menjadi daya tarik para mahasiswa untuk menimba ilmu pengetahuan melalui kegiatan/program magang di Balittri. Lima mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret, Solo (UNS) dan 11 mahasiswa Politeknik Pertanian Pangkep, Makassar melakukan kegiatan magang dengan durasi waktu satu hingga 3 bulan. Mahasiswa yang diterima oleh Diah Rahmawati, MM (Tim PPID) selanjutnya diarahkan untuk mengenal Balittri lebih mendalam melalui paparan tentang profil Balittri dan Laboratorium Terpadu oleh Cici Tresniawati, SP., M.Si. dan Nendyo Adhi Wibowo, M. Biotech.

Para mahasiswa terlihat antusias mengikuti paparan keunggulan tentang teknologi, formula dan varietas yang dihasilkan oleh Balittri, diantaranya teknologi pemupukan organik dengan pelarut P dan K pada tanaman kopi robusta, teknologi fermentasi biji kakao basah dengan waktu yang lebih singkat, teknologi pengemasan dan penyimpanan entres kopi robusta untuk meningkatkan viabilitas benih, formula biofungisida dengan bahan aktif Trichoderma untuk pengendalian penyakit jamur akar putih (JAP) pada karet, formula pestisida nabati untuk hama pengerek buah kakao (PBK), biofungisida untuk mengendalikan P. Palmivora pada kakao, dan beberapa varietas unggul yang dilepas oleh Balittri seperti Kakao BL 50, Kopi Liberoid Meranti, dan Teh Tambi.

Para peserta magang mahasiswa selanjutnya dipandu oleh Iing sobari, SP. untuk mengenal lebih dalam nuansa lapang dengan berkunjung ke Kebun Percobaan Pakuwon dan Agro widya wisata ilmiah. Kegiatan pengenalan Balittri selanjutnya berkembang dalam diskusi yang sangat menarik sehingga memunculkan beberapa peluang Iptek bagi mahasiswa untuk segera menimba ilmu baik untuk kegiatan lapang atau untuk kegiatan tugas akhir kedepan, dan semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

 

Artikel terkait