Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
TV-TANI
Sigap UPG
perpus_digital
Kalender Tanam
satu-layanan
Ejurnal
Saber Pungli
PPID
WBS
WBK

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 43 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 706593
Visitasi, Jalan Menuju Diperolehnya Izin Produksi Usaha Benih Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Cici Tresniawati   
Rabu, 24 Januari 2018 08:16

Selasa, 23 Januari 2018, Balittri menerima visitasi dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat.  Visitasi ini merupakan salah satu tahapan dari serangkaian kegiatan penilaian untuk diperolehnya Izin Usaha Produksi Benih (IUPB), yang menjadi syarat mutlak bagi suatu badan hukum untuk melakukan produksi benih bina.

Sebagai instansi pemerintah, Balittri berkewajiban memiliki IUPB tanaman perkebunan, khususnya kopi arabika, kopi robusta, kakao, dan karet. Selain itu, Balittri juga mengajukan permohonan IUPB untuk komoditas lainnya yaitu tanaman teh, makadamia, melinjo, asam, kola, iles-iles, kemiri sayur, kelapa, dan kemiri sunan.  Nantinya bisa juga ditambahkan komoditas-komoditas lain yang menjadi koleksi plasma nutfah Balittri, terutama untuk tanaman perkebunan.



Visitasi dipimpin oleh Dedi Rusmiadi, S.Sos., M.M dari DPMPTSP yang didampingi oleh Ir. Heri Damana dan Ir. Wawan dari Balai Sertifikasi dan Pengawasan Mutu Benih Tanaman Perkebunan (BSPMBTP),  diterima langsung oleh Kepala Balittri, Ir. Syafaruddin, Ph.D. Selanjutnya kunjungan ke lapangan yang dipimpin Dr. Samsudin sebagai penanggung jawab kegiatan Perbenihan kopi Arabika. Tim visitasi berkesempatan mengunjungi fasilitas perbenihan di zona 1, 2 dan 3, didampingi juga oleh penanggung jawab komoditas karet dan kakao yaitu Ir. Saefudin dan  Ir. Bambang Eka Tjahjana.

Sarana prasarana yang telah Balittri bangun  di antaranya adalah saluran irigasi, nurseri modern, gudang benih, dan rumah kaca yang tersebar di tiga zona. Tim visitasi sangat mengapresiasi kinerja yang telah dicapai oleh Balittri dalam menerapkan teknologi pada pembibitan kopi, kakao, dan karet. Ini menjadi kunjungan awal tim visitasi yang nantinya juga akan melakukan penilaian terhadap benih-benih yang diproduksi oleh Balittri sampai pada tahap pemberian sertifikat, sehingga benih bersertifikat inilah yang nantinya akan didistribusikan sebanyak 1,5 juta benih kepada para stakehokders secara gratis. Pembagian ini sudah bisa dilaksanakan pada bulan Maret-April 2018.

Pendistribusian benih ini tentunya melalui mekanisme yang ditetapkan Kementan, yaitu melalui Dirjen teknis. Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) yang sudah terdaftar pastinya yang akan bisa menikmati benih unggul gratis ini. Semoga, kontribusi Balittri dalam menghasilkan benih-benih berkualitas dapat mendukung program pemerintah untuk mewujudkan pembangunan pertanian berkelanjutan, khususnya tanaman perkebunan. Semoga!


 

Artikel terkait

script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });