-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 33 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 805325
Kiprah Balittri Untuk Kemajuan Kopi Indonesia PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Intan Nurhayati   
Rabu, 31 Januari 2018 15:16

Kamis, 31 Januari 2018,  Balittri kembali menjadi  tempat penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kopi untuk yang keempat kalinya. Pada kesempatan ini, peserta berasal dari latar belakang profesi yang cukup beragam, namun sebagian besar berasal dari Jawa Barat termasuk Sukabumi.

Ir. Gayatri K. Rana, M.Sc. (Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian/PUSTAKA) yang memimpin rombongan,  menyampaikan terimakasih atas kesediaan Balittri menjadi tempat tujuan masyarakat yang ingin belajar mendalami kopi. Beliau juga menyampaikan harapan agar selepas Bimtek ini para peserta tetap saling berkomunikasi dan bersama-sama meningkatkan profesionalitas, baik dalam hal budidaya, penanganan pasca panen maupun dalam pengelolaan industri hilir misalnya barista atau cafe. "Agar kopi Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri," tegasnya.

Dr. Ir. Samsudin, Kasie Yantek dan Jaslit Balittri, menyampaikan sekilas mengenai profil Balittri dan selanjutnya memandu peserta ke Agro Widyawisata Ilmiah (AWwI) untuk melihat lebih dekat seluk beluk tanaman kopi. Rasa ingin tahu para peserta serasa terobati pada saat peneliti senior yang berkecimpung di bidang hama tanaman tersebut menjelaskan berbagai varietas kopi koleksi plasma nutfah Balittri beserta keunggulan masing-masing dan teknik budidaya serta penanganan hama dan penyakitnya.

Spot berikutnya yang dikunjungi adalah Bagian Perbenihan yang menaungi 1,5 juta benih siap sebar, yang akan didistribusikan secara gratis kepada masyarakat luas pada bulan Maret-April 2018. Unit Bioindustri Kopi & Kakao merupakan titik akhir dari kunjungan peserta Bimtek kali ini dimana peserta memperoleh penjelasan dan melihat langsung proses pengolahan kopi.

Beberapa peserta yang diwawancarai menyatakan rasa senangnya telah mengikuti kegiatan Bimtek ini. Ibu Indah, seorang penikmat kopi dari Bogor, mengharapkan kegiatan Bimtek ini bisa diselenggarakan secara kontinyu dan disebarluaskan melalui media sosial mengingat sedang tumbuh suburnya penikmat dan penggiat perkopian di Indonesia yang ingin belajar dari hulu ke hilir mengenai kopi. Pak Dedi Siswana jauh-jauh datang dari Kabupaten Tasikmalaya yang juga merupakan penggiat pengembangan kopi yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan telah bersinergi dengan penggiat kopi di Tasikmalaya akan merekomendasikan Balittri sebagai tempat menggali ilmu kopi.

 

Artikel terkait