Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
TV-TANI
Sigap UPG
perpus_digital
Kalender Tanam
satu-layanan
Ejurnal
Saber Pungli
PPID
WBS
WBK

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 43 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 706592
Alumni IPB Angkatan 14 Ikuti Bimtek Hulu Hilir Kopi di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Setty Utami   
Sabtu, 27 Januari 2018 08:24

Balittri sebagai instansi pemerintah yang salah satu mandat komoditasnya adalah tanaman kopi, kembali menjadi  destinasi para alumnus IPB angkatan 14 untuk belajar tentang perkopian mulai dari on farm hingga off farm. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis, 25 Januari 2018 dimulai dengan kata sambutan yang berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan oleh kepala Balittri Ir. Syafaruddin Ph.D.

Sebelum materi lapang, para peserta terlebih dahulu mendapat materi di ruangan mengenai pengenalan jenis klon, hama dan penyakit, penanganan pasca panen, dan tak lupa juga mengenai teknologi perbenihan dan budidaya kopi yang dipaparkan oleh Dr. Samsudin.

Selain itu para peserta diajak menjelajahi kebun benih dan entres kopi. Setelah lelah berkeliling kebun, para peserta juga singgah di bioindustri kopi dan kakao untuk melihat unit pengolahan pascapanen kopi dan kakao yang dimiliki oleh Balittri dan tak lupa juga memborong produk-produk Balittri sebagai buah tangan. Peserta sangat antusias dengan kegiatan ini dan berharap kedepannya ada tindak lanjut dari kegiatan ini seperti rombongan sebelumnya.

Sebagai informasi pembelajaran tentang seluk beluk kopi ini merupakan acara rutin yang mulai diselenggarakan pada akhir 2017 silam. Walaupun kegiatan ini sudah memasuki gelombang ketiga namun animo masyarakat untuk mengenal kopi dari hulu hingga hilir sehingga untuk ke depannya Balittri juga membuka pendaftaran untuk gelombang selanjutnya dengan peserta dari perkumpulan yang berbeda.

 

Artikel terkait

script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });