Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
PPID
Kalender Tanam
satu-layanan
TV-TANI
WBS
Saber Pungli
WBK
Ejurnal
perpus_digital
SKM
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 74 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 741815
Sumbangsih Balittri sebagai Lembaga Riset dalam Mencerdaskan Anak Bangsa PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Syafaruddin   
Senin, 12 Februari 2018 08:54

Kegiatan praktek lapang mahasiswa di Balittri silih berganti dengan disiplin ilmu yang beragam, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. Jenjang pendidikan pun beragam, mulai dari level Diploma (D3) hingga pascasarjana. Kegiatan praktek lapang mahasiswa ini berkisar antara  1-4 bulan dan jumlah mahasiswa 3-10 orang setiap kelompoknya.


Awal pertemuan, biasanya diberikan briefing oleh Kepala Balittri terkait rencana kegiatan praktek lapang. Setiap mahasiswa langsung di bawah komando seorang advisor, yaitu peneliti yang kompeten di bidangnya sesuai dengan jurusan yang diminati atau diambil oleh masing-masing mahasiswa. Baik di lapangan maupun kegiatan di laboratorium. Kegiatan praktek lapang ini berpedoman pada jadwal yang telah disepakati oleh mahasiswa dan advisornya, dengan beberapa masukan dari peneliti-peneliti terkait.


Pada umumnya time table yang sudah diprogramkan berjalan sesuai rencana, meskipun terkadang ada perubahan atau tambahan di tengah jalan. Hal ini biasanya berhubungan dengan minat dan ketertarikan mahasiswa untuk mendalami beberapa kegiatan, yang muncul setelah terjun ke lapangan dan melihat langsung aneka program riset yang ada. Walaupun untuk laporan akhir tetap fokus pada topik utama yang dipilih dari awal. Variasi kegiatan ini dapat juga memberikan tambahan nuansa lain yang lebih memperkaya isi laporan.

 

Kajian terhadap hasil kegiatan praktek lapang ini, bahkan seringkali menjadi acuan mahasiswa untuk program riset akhirnya (skripsi, thesis ataupun disertasi). Pembekalan beberapa bulan ini memang bisa memperluas perspektif mereka dan menginspirasi dalam penyelesaian tugas akhir, sehingga lebih terarah dan menjadi tepat sasaran hingga pada rencana pencarian kerja nanti setelah selesai pendidikan (kuliah). Mahasiswa juga merasa lebih percaya diri dan melihat masa depan lebih cerah. Hal-hal positif seperti inilah yang menggembirakan Balittri sebagai lembaga penelitian dalam sumbangsihnya mencerdaskan anak bangsa.



 

Artikel terkait

script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });