-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
PPID
WBK
Sigap UPG
Lapor.go.id
Pakar Kopi
perpus_digital
Saber Pungli
Ejurnal
SKM
satu-layanan
Kalender Tanam
pui-balittri
WBS

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 20 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1282715
Universitas Negeri Sebelas Maret Kirim Mahasiswa PKL ke Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Intan Nurhayati & setty Utami   
Minggu, 18 Februari 2018 21:27

Balittri selalu terbuka untuk bekerja sama dan berbagi ilmu dengan kalangan akademisi. Hal ini terbukti dengan semakin "padatnya" kunjungan dari berbagai perguruan tinggi, baik berupa kunjungan singkat maupun tujuan Praktek Kerja Lapang (PKL).

Salah satu bidang ilmu dan terpenting dalam lingkup pertanian, yaitu ilmu tanah, menjadi ranah berbagi dan kerja sama ini. Para mahasiswa Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Negeri Sebelas Maret berkesempatan mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari sekaligus memperdalamnya melalui kegiatan PKL yang dilaksanakan selama satu bulan di Laboratorium Terpadu Balittri pada tanggal 15 Januari sampai dengan 15 Februari 2018. Ke-5 mahasiswa ilmu tanah ini dibimbing oleh Dr. Kurnia Dewi Sasmita, SP., MP. dan Nendyo Adhy Wibowo, S.P., M. Biotech.

Bersama pembimbing dan staf laboratorium para mahasiswa  diajarkan teknik sampling tanah dan berbagai analisa tanah rutin seperti analisa Nitrogen, Fosfor, C organik dan unsur hara makro menggunakan alat-alat laboratorium terkini seperti Spektrofotometer Uv-Vis dan Atomic Absorption Spectroscopy (AAS)

Dengan adanya kegiatan PKL ini diharapkan dapat "mendekatkan" Balittri sebagai lembaga riset nasional dengan dunia akademisi sehingga bisa bersinergi dan berkontribusi dalam pembangunan pertanian Indonesia. Selain itu, para mahasiswa yang notabene merupakan calon penggerak kemajuan di masa datang, mendapat bekal yang mumpuni agar bisa "siap tempur" saat memasuki dunia kerja sesungguhnya.