-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 19 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 872752
Fieldtrip To Balittri : Mempelajari Lebih Dekat Ciptaan-Nya PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini dan Intan Nurhayati   
Jumat, 23 Februari 2018 19:21

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) kembali menjamu kunjungan MA Al Muttaqin, Parung Kuda, kamis (23/2). Sebanyak 50 siswa diterima oleh perwakilan Balittri, Cici Tresniawati, S.P., M.Si.  “Kunjungan ini menjadi langkah untuk mempererat network terutama kepada masyarakat sekitar Balittri” di sela sambutannya. Selain menjelaskan profil keorganisasian, Cici pun menjelaskan tanaman koleksi dan varietas-varietas yang telah dilepas oleh  Balittri. Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah MA Al Muttaqin, K.H.  Abdul Karim S.Pd.I., M.M. menyampaikan bahwa kunjungan ini menjadi sarana bagi kita untuk lebih menyeimbangkan antara ilmu, teknologi, dan agama. “ Kita dapat mengambil pelajaran dari ciptaan-Nya, salah satunya dari tanaman” tegasnya.

Selanjutnya kunjungan ke Agrowidya Wisata Ilmiah (AWWI), Kali ini mereka didampingi oleh peneliti yang menekuni bidang ekofisiologi, Iing Sobari, S.P.  Mereka diperkenalkan dengan tanaman koleksi Balittri dan tanaman komoditas mandat, terutama kopi dan kakao.  Di antaranya tentang varietas dan teknologi budidaya kopi. Di lokasi perbenihan, para siswa terkagumkan setelah hamparan benih kopi, kakao dan karet yang tumbuh prima dan tertata rapi.

Siswa pun diajak melihat proses pengolahan kopi dan kakao di Unit Bioindustri. Ini pengalaman pertama mereka menyaksikan langsung proses pengolahan dari kedua komoditas tersebut. Salah seorang guru pendamping, Sri Subekti, S.Pd., menjelaskan tujuan lain dari kunjungan ini adalah agar para siswa mendapat wawasan yang luas, menjadi lebih paham dari apa yang diajarkan di kelas dengan turun langsung di lapangan. Mulai dari budidaya hingga proses untuk menghasilkan suatu produk.

Kemeriahan fieldtrip ini semakin terasa manakala dibuka sesi kuis, dimana pemateri melontarkan pertanyaan-pertanyaan  mengenai materi yang telah disampaikan sebelumnya. Tak lupa, para peserta diminta untuk berkunjung ke laman media sosial milik Balittri agar bisa up to date dengan berbagai kegiatan di Balittri. Yadi (17), salah seorang siswa, menyampaikan, setelah berkunjung ke Balittri menjadi semakin bertambah wawasan tentang dunia perkebunan. “Kami senang bisa mengetahui tentang proses pengolahan kopi, dan kakao”, sambungnya. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian cinderamata dari Balittri.

Ketertarikan untuk mengetahui lebih banyak mengenai seluk-beluk tanaman kopi dan dunia pertanian pada umumnya patut mendapat apresiasi yang tinggi,   yang ditunjukkan oleh para siswa dari MA Al Muttaqin ini.  Di tengah upaya untuk menggenjot minat generasi muda terhadap dunia pertanian, hal ini tentunya merupakan sebuah harapan untuk regenerasi sumberdaya pertanian di masa depan. (Lia/Intan)

 

Artikel terkait