Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBK
TV-TANI
WBS
Saber Pungli
Ejurnal
perpus_digital
Sigap UPG
PPID
Lapor.go.id
Kalender Tanam
SKM
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 17 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 758385
Kadisbun Jabar : "Balittri Luar Biasa" PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini dan Intan Nurhayati   
Kamis, 01 Maret 2018 20:18

Dinas Perkebunan Provinsi Jabar mengadakan kunjungan kerja ke Balittri terkait persiapan benih yang akan dibagikan dalam waktu dekat. Kunker ini berkaitan dengan agenda Kementan yakni tahun benih 2018. Sebanyak 1.518.100 benih yang terdiri dari benih kakao 561.000, kopi arabika 657.900, kopi robusta 78.200, karet 221.000 telah disiapkan oleh Balittri dan siap salur.

Rombongan Disbun pun disambut oleh Kepala TU Balittri, Cecep Firman, S.P, di ruang rapat Balittri, Kamis (1/3/18). “Kami bersyukur dengan adanya kunjungan ini bisa saling berbagi informasi. Tentunya kita harapkan Balittri bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan pertanian di Jawa Barat khususnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ir. Arief Santosa, M.Sc. selaku Kadisbun Jabar menyampaikan, maksud kunjungannya bersama tim Balai Sertifikasi dan Pengawasan Mutu Benih (BSPMB) Provinsi Jabar dan Dinas Pelayanan Perizinan Jabar ini berkaitan dengan rencana swakelola perbenihan di Jawa Barat melalui kerjasama dengan Balittri. Balittri merupakan bagian dari center of excellence Jabar yang sudah ditunjukkan dengan adanya inovasi teknologi yang dikelola dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Ir. Hermin Karlina, M.Sc., selaku Kepala BSPMB pun menyatakan bahwa benih yang sudah disiapkan Balittri sudah memenuhi syarat. Bahkan tambahnya pula, Balittri sudah sangat layak menjadi unit produksi benih.

Rombongan meninjau kebun perbenihan dengan didampingi beberapa pejabat struktural dan peneliti Balittri.  Diantaranya Cecep Firman,S.P, Ir. Handi Supriadi, Ir. Saefudin, Iing Sobari, S.P, dan Cici Tresniawati, S.P, M.Si. Saefudin pun menjelaskan kondisi benih di Balittri sudah disertifikasi dan siap salur. Ditambahkan pula oleh Handi, dari 1.518.100 benih tersebut sebanyak 550.000 telah disertifikasi (tahap pertama) dan siap disalurkan mulai bulan Maret ini yaitu kakao 300.000 dan kopi arabika 250.000. Sehingga, petani pun nantinya akan mendapatkan benih varietas unggul yang sudah jaminan mutu.

"Balittri, sungguh luar biasa" demikian ungkap Kadisbun Jabar di sela-sela kunjungan ke lokasi perbenihan Balittri. Ditambahkannya bahwa Balittri bisa jadi percontohan bagi yang lainnya karena sudah setara dengan lembaga penelitian di luar negeri. Swakelola benih di tahun ini pun sudah dipersiapkan, termasuk berkordinasi dengan stakeholder. Animo petani terkait pembagian benih gratis dari Kementan ini sangat luar biasa dan sudah sangat ditunggu, tambahnya.

Di akhir kunjungan, rombongan juga melihat proses pengolahan kakao dan kopi hingga menjadi coklat dan kopi yang siap dikonsumsi. Produk olahan hasil inovasi Balittri ini jenisnya pun beragam seperti coklat batang, bubuk kakao, hingga kopi dengan tambahan rempah yang berkhasiat sebagai penambah stamina. (Lia/Intan)

 

Artikel terkait

script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });