-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 12 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 899945
TNI Gandeng Balittri Rancang "Citarum Harum": Pengembangan Sumber Energi Terbarukan Berbasis Biodiversitas Tanaman PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Bayu Wirawan   
Selasa, 06 Maret 2018 20:36

Kunjungan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0607 Kota Sukabumi, Letkol. Inf. Mahfud beserta rombongan ke Balittri pada hari Selasa, 6 Maret 2018, dimaksudkan untuk menindaklanjuti komunikasi antara Sdr. Rizka Bayu Wirawan, SP, MP (auditor madya Itjen Kementan) dengan Panglima Kodam III/Siliwangi Mayor Jenderal Doni Monardo satu hari sebelumnya yang membicarakan tentang prospek pengembangan Kemiri Sunan melalui Program Citarum Harum yang diinisiasi Kodam III/Siliwangi.

Selama kurang lebih dua jam, rombongan yang diterima langsung oleh Kepala Balittri, Ir. Syafaruddin, Ph.D, mendiskusikan tentang seluruh aspek tanaman Kemiri Sunan, mulai dari asal usul, deskripsi varietas, hingga prospek pengembangannya sebagai sumber energi terbarukan berbasis biodiversitas khususnya tanaman di masa mendatang. Dalam kesempatan ini juga dibahas mengenai integrasi Program Citarum Harum dengan pengembangan Kemiri Sunan sebagai sumber energi di masa mendatang.

Kepala Balittri mengajak rombongan Kodim 0607/Kota Sukabumi ke Kebun Perbenihan untuk melihat secara langsung kesiapan Balittri dalam menyediakan aneka tanaman industri seperti kopi, kakao, karet, dan Kemiri Sunan. Rombongan juga diajak melihat pertanaman Kemiri Sunan, bibit yang tersedia, dan alat processing (pengupasan kulit, pemerasan minyak, dan reaktor esterifikasi).

Di akhir kunjungan, rombongan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap hasil-hasil penelitian Balittri, khususnya Kemiri Sunan, dan berjanji akan menindaklanjuti pembicaraan dalam kerangka pelaksanaan Program Citarum Harum.