Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
TV-TANI
WBS
WBK
Saber Pungli
Ejurnal
perpus_digital
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 40 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 726685
Sharing dan Diskusi Pengelolaan Informasi Puslitbangbun dan Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini dan Intan Nurhayati   
Jumat, 09 Maret 2018 21:08

Informasi dewasa ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Ditambah dengan hak memperoleh informasi merupakan hak dasar bagi setiap manusia, dan keterbukaan informasi publik adalah salah satu ciri penting di negara demokratis. Itulah yang menjadi cikal bakal lahirnya UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sejalan dengan hal ini, maka Balittri pun turut aktif memberikan pelayanan informasi yang diperlukan khalayak luas, terutama pada hal seputar penelitian dan perkebunan yang menjadi mandat Balittri. Sehingga, diharapkan adanya akuntabilitas dan transparansi dari setiap pelaksanaan, tugas, dan wewenang yang ada di Balittri yang kemudian pun bisa di pantau.

Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian Balittri, Dr. Samsudin menyampaikan, saat ini Balittri selalu menerima kunjungan dari berbagai kalangan, mulai dari lingkup Kementan sendiri, berbagai dinas provinsi dan kabupaten, hingga kalangan akademisi. “Ini merupakan bagian apresiasi masyarakat kepada Balittri, oleh karena itu kami pun harus senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik", kata Samsudin saat menerima kunjungan Kepala Bidang Kerjasama Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) di kantor Balittri, Kamis (8/3/2018).

Dalam kesempatan yang sama Dr.Jelfina C. Allouw selaku Kepala Bidang KSPHP kembali menegaskan bahwa melalui banyaknya kunjungan dari berbagai lini masyarakat menjadi salah satu indikator suksesnya usaha diseminasi pertanian. "Melalui orang yang sering berkunjung ke sini (Balittri) berarti ada sesuatu yang dicari dan yakin akan didapati di tempat ini", lanjutnya.

Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan informasi, Balittri juga telah memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam melaksanakan pelayanan informasi. PPID Balittri sendiri tergabung dalam bidang Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian (Yantek dan Jaslit) yang dibantu oleh Pejabat Fungsional Arsiparis, Pustakawan, Pranata Humas, Pranata Komputer, dan peneliti di bawah pengawasan Kepala Balai.

"Terkait PPID, Balittri ingin membuka akses yang selebar-lebarnya,sehingga tidak ada batasan jarak dan waktu. Apapun yang kita sampaikan kepada khalayak bukan semata-mata demi pencitraan, melainkan sebagai tuntutan terlebih lagi bagi sebuah lembaga pemerintahan,” sambung Samsudin.

Berkaitan dengan tugas tersebut, PPID Balittri pun menetapkan standar layanan informasi dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik dengan menyediakan sarana prasarana, fasilitas berupa desk layanan informasi, fasilitas pendukung seperti layanan akses internet gratis, petugas pelaksana layanan informasi, instrumen transaksi, produk pelayanan, serta menetapkan waktu layanan informasi.

Samsudin juga memaparkan kiat-kiat Balittri dalam pengelolaan PPID dan Media Sosial diantaranya; penyampaian laporan tahunan tepat waktu, informasi mengenai kegiatan dan kinerja, informasi terkait laporan keuangan badan publik, adanya inovasi tata kelola website, SK penugasan, dan lain sebagainya.

Pelayanan menjadi kata kunci bagi PPID. Sebagai konsekuensinya PPID pun bertanggung jawab dalam memberi layanan informasi, baik berupa proses penyimpanan, dokumentasi, serta penyediaan layanan informasi. Guna memudahkan akses perolehan informasi publik, maka perlu juga dukungan pengembangan sistem yang berbasis IT.

Demi memudahkan khalayak untuk mengakses informasi, maka Balittri pun menyediakan layanan berupa website dan juga memanfaatkan media sosial online. Bahkan Balittri meraih beberapa penghargaan yang berkaitan dengan PPID diantaranya PPID Balittri mendapat Peringkat 2 Keterbukaan Informasi Publik tingkat esselon 3 lingkup Kementan tahun 2017, Fan Page Facebook Balittri mendapat peringkat 1 untuk kategori Government Organization di Indonesia, dan peringkat ke-5 untuk semua kategori di dunia.

Capaian tersebut tidak akan terwujud bila tidak ada komitmen baik dari pemimpin ataupun setiap anggota yang terlibat. Oleh karenanya di Balittri dukungan dan komunikasi selalu dijaga dalam melaksanakan tugas, sehingga dapat terlampaui capaian tadi.(Lia/intan)

 

Artikel terkait

script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });