Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBK
TV-TANI
WBS
Saber Pungli
Ejurnal
perpus_digital
Sigap UPG
PPID
Lapor.go.id
Kalender Tanam
SKM
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 14 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 758383
Pendalaman Kompetensi Ilmu Pertanian di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini & Intan Nurhayati   
Senin, 12 Maret 2018 15:30


Predikat negeri agraris masih melekat bagi bangsa Indonesia. Tidak heran bila kegiatan pertanian dewasa ini masih menjadi tumpuan masyarakatnya. Animo sebagian besar generasi muda terhadap pertanian tampak menurun. Sejatinya, sektor pertanian merupakan sektor yang menarik, memiliki peluang yang menjanjikan bila dikelola dengan tekun dan benar. Hal ini yang seharusnya tertanam di benak generasi sekarang, sehingga mereka tergerak terjun di sektor pertanian.


Pendidikan merupakan salah satu ruang untuk menanamkan itu semua. Tidak sekedar pendidikan teoritis di ruang kelas saja, namun juga melalui kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) bisa menjadi sebuah kombinasi yang indah dalam mencetak generasi muda pertanian yang handal dengan kompetensi yang bisa diandalkan. Adalah sebuah kebahagiaan bagi Balittri bisa memberikan sumbangsih dalam upaya pembangunan manusia pertanian Indonesia melalui kegiatan PKL ini, seperti yang di lakukan oleh mahasiswa Politeknik Pertanian Pangkep, Sulawesi Selatan.


Sejumlah 11 mahasiswa tengah melangsungkan kegiatan PKL di Balittri, sejak 15 Januari 2018. Banyak aktivitas yang sudah dilakukan. Dengan didampingi oleh para peneliti Balittri dari berbagai latar kepakaran yang beragam, mereka dibimbing untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis mereka dan sekaligus mempelajari hal-hal baru, seperti isolasi DNA, karakterisasi kakao, dan praktek pembuatan setek berakar yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Selain itu mereka pun dilibatkan untuk membantu kegiatan penelitian yang sedang berlangsung, tidak hanya kegiatan lapangan ataupun di kebun, tetapi juga di laboratorium.


Mereka sangat terkesan dengan fasilitas Laboratorium Terpadu yang sudah canggih. “ Fasilitas lab di Balittri sangat lengkap,” ungkap Ugi, di sela kegiatan studi literatur di perpustakaan Balittri. Diharapkan dengan kegiatan PKL ini dapat menjadi sarana peningkatan kompetensi generasi muda di bidang pertanian. (Lia & Intan)

 
script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });