Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
Kalender Tanam
SKM
satu-layanan
WBK
TV-TANI
WBS
Saber Pungli
Ejurnal
perpus_digital
Sigap UPG
PPID

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 31 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 759336
Berkunjung ke Balittri, Mengemas Pertanian Menjadi Lebih Potensial PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini dan Intan Nurhayati   
Kamis, 15 Maret 2018 19:04

Research Advisor Mekarsari, Gregori Hambali, melakukan kunjungan ke Balittri, Selasa (13/3). Rombongan disambut oleh Kasie Yantek dan Jaslit, Dr. Samsudin, M.Si. Pertemuan kali ini menjadi ajang pertukaran informasi dan berbagi pengetahuan mengenai upaya pengembangan kakao di Indonesia, serta penelitian-penelitian yang terkait.

Hadir juga dalam kunjungan ini antara lain, Dr. Aziz Natawijaya, M.Si. (Research and Development), Liena Puspitasari (Asisten Manager Komersil), Frans Kerong (Operational Manager), Yulia (Finance Manager).

Setelah diskusi dan sharing pengalaman, rombongan kemudian mengunjungi Agrowidya Wisata Ilmiah (AwWI) didampingi oleh tim peneliti Balittri di antaranya Ir.Dibyo Pranowo, Ir. Bambang Eka Tjahjana, dan Asif Aunillah, S.TP., M.Sc.,serta Elsera Br. Tarigan, S.Si.

"Mekarsari saat ini sedang fokus merakit varietas unggul baru kakao yang memiliki citarasa dan aroma yang lebih baik serta produktivitas yang lebih tinggi" ungkap Azis ketika berada di kebun perbenihan

Pada saat kunjungan lapang, rombongan sangat antusias ketika singgah di unit Pengolahan Kakao. Sesuai dengan rencana pengembangan, Mekarsari akan membangun unit prosessing kakao menjadi cokelat dalam skala home industri. Unit pengolahan tersebut nantinya dapat meningkatkan nilai tambah Mekarsari karena memiliki agrowisata berbasis kakao dari hulu hingga hilir.

Di akhir kunjungan, rombongan sangat takjub dengan segala fasilitas yang telah dimiliki di kawasan AwWI. Ini merupakan “modal” yang lebih dari cukup untuk menjadi tujuan agrowisata. Selain itu baik dari Mekarsari maupun Balittri mengharapkan adanya tindak lanjut untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan varietas unggul terutama kakao. (Lia/Intan)

 

Artikel terkait

script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });