-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 22 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 805290
Menduniakan Kopi Indonesia bersama DEKOPI dan MICE Politeknik Negeri Jakarta PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Arifa Chan   
Jumat, 23 Maret 2018 17:44

Setelah dilantik oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman beberapa waktu yang lalu, Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) segera mengambil langkah konkret dalam mempopularkan kopi sebagai komoditas unggulan Indonesia serta memajukan industri perkopian. Salah satu langkah tersebut adalah menggelar Pameran & Expo Kopi Nusantara 2018 pada 9-11 Maret 2018 lalu. Acara tersebut menarik banyak minat generasi muda terhadap dunia perkopian, tidak hanya sebagai penikmat kopi namun juga menumbuhkan kepedulian terhadap tanaman kopi itu sendiri.

Pada hari Kamis (23/03/2018), Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta melakukan kunjungan ke Balittri didampingi oleh Wakil Ketua Umum DEKOPI, Hansen Gozali dan Sekretaris Jenderal DEKOPI, Jamil Musanif. Mahasiswa tersebut antara lain Bayu Pramantara, Maulidya Khairani, Andya Galuh, dan Lutfi Harahap, yang merupakan mahasiswa program studi MICE Politeknik Negeri Jakarta yang dibentuk untuk menjadi event organizer profesional dalam bidang Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE).

Disambut langsung oleh Kepala Balittri, Syafaruddin, para tamu berdiskusi tentang program menduniakan kopi Indonesia yang saat ini mulai marak dilirik semua kalangan di berbagai sektor. Tentunya hal ini tidak terlepas dari tanaman kopi itu sendiri, karena untuk menciptakan kopi yang bercitarasa tinggi diperlukan pengelolaan yang baik; seperti  penggunaan benih unggul, budidaya, serta pasca panen yang baik pula; dan peran serta para petani, pengusaha kopi, serta instansi terkait.

Lebih lanjut, para tamu diajak berkeliling ke Agrowidya Wisata Ilmiah untuk melihat area perbenihan kopi dan unit bioindustri pengolahan kopi dan kakao Balittri. Didampingi oleh ahli peneliti utama Balittri, Dibyo Pranowo, para tamu mendapat penjelasan seputar pengelolaan benih, pengenalan varietas, dan proses pengolahan pascapanen kopi.

“Balittri merupakan percontohan pengelolaan hulu hingga hilir tanaman kopi di Indonesia. Hal ini terbukti dari apa yang bisa kami lihat di lapangan, benih-benih kopi  yang disiapkan Balittri sangat baik, apalagi dengan telah disiapkannya perangkat panen, pascapanen, dan pengolahan kopi yang memadai”, puji Hansen.

Jamil turut menambahkan, apa yang diperoleh dari kunjungan ini dapat lebih meningkatkan minat para mahasiswa dan juga menjadi rujukan, khususnya dalam menggelar event kopi yang akan diorganize oleh para mahasiswa ini di kemudian hari. Para mahasiswa pun menganggap bahwa, kawasan di Balittri, perbenihan & bioindustri, layaknya seperti wisata kopi paket lengkap terlebih lagi apa yang dihasilkan dari tanaman sudah dapat langsung dinikmati di tempat.

Kunjungan ini sudah menunjukkan bahwa DEKOPI turut meningkatkan minat generasi milenial terhadap perkopian nasional dengan Balittri sebagai role model pengelolaan hulu hilir kopi Indonesia.