-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 31 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 874825
Kunker Universitas Jember sebagai Inisiator Kerjasama PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Elsera Tarigan   
Kamis, 12 April 2018 23:35

Dalam rangka penguatan sumber daya, kerja sama di bidang riset dan diseminasi inovasi dan teknologi, Universtas Negeri Jember (UNEJ) dibawah Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kepada Masyarakat (LPPM) menugaskan Prof.Dr.Ir. Yuli Hariyati, MS. dan Ir. Priyo Sugeng Winarto, MA.,  untuk melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) pada hari Rabu (11 April 2018)

Balittri sebagai institusi riset dibawah Kementerian Pertanian yang menangani tanaman kakao, dengan tangan terbuka menyambut kedatangan Guru Besar Ekonomi Pertanian dan pakar -Farming System Research and Development. Disambut oleh Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian (Kasie. Yantek dan Jaslit), Dr. Ir. Samsudin, M.Si dan didampingi oleh peneliti pascapanen Elsera Br. Tarigan, S.Si. Dalam diskusi yang berlangsung secara akrab, kedua staf Balittri ini memberikan informasi terkait penelitian dan pengembangan kakao yang telah dan sedang dilaksanakan oleh Balittri. Tidak hanya berdiskusi dan saling memberikan informasi, kedua dosen  UNEJ ini juga diajak berkeliling mengunjungi beberapa fasilitas yang ada di Balittri.

 

Sembari berjalan menyusuri laboratoium, unit perbenihan dan pengolahan (Bioindustri Kopi dan Kakao) kedua tim pakar ini sempat berdiskusi dengan beberapa peneliti seperti: Dr. RR. Kurnia Sasmita, Ir. Dibyo Pranowo, Ir. Saefudin dan Asif Aunillah, M.Sc. Bapak Ir. Priyo Sugeng Winarto, MA. menyampaikan prospek kerja sama dengan Balittri terkait penelitian dan peningkatan mutu pendidikan mengingat  fasilitas dan peneliti yang sangat memadai. Apresiasi juga disampaikan terhadap komitmen pimpinan Balittri yaitu Ir. Syafaruddin, Ph.D. yang sempat berdiskusi di sehari sebelumnya.

Tindak lanjut kerjasama akan segera disampaikan, karena UNEJ memiliki beberapa program khususnya dalam benchmarking kakao mengingat dalam waktu dekat ini akan diadakan even berupa Cocoa Innovation Gathering yang sangat mengharapkan kerikutsertaan Balittri.  Harapan kerjasama selanjutnya adalah menerapkan hasil-hasil inovasi dan teknologi yang telah diperoleh dan kedepannya mengembangkan inovasi-inovasi tersebut bersama-sama.

 

Artikel terkait