-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
WBK
WBS
Sigap UPG
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Lapor.go.id
PPID
SKM
Saber Pungli
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 21 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 844288
Siapkan Diri untuk Menjadi Lembaga Riset Unggulan, Balittri adakan FGD bersama Dewan Riset Nasional PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini dan Tajul Iflah   
Kamis, 24 Mei 2018 11:21

Upaya memperluas keilmuan bagi para peneliti dan non peneliti dapat dilakukan dengan berbagi informasi dari para pakar yang kompeten. Terkait hal tersebut, maka Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pada hari Rabu (23/5) dengan tema Bio Based Industry dan Digital Economy 4.0. dengan mengundang Ketua Komisi Teknis Pangan dan Pertanian Dewan Riset Nasional (DRN) yang juga dikenal sebagai Dosen senior di  BINUS University bidang ilmu Bioinformatika dan pernah menjabat sebagai Kepala Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) pada periode 2010-2015 Dr. Ir. Haryono, M.Sc. Didampingi juga oleh Wakil Ketua Pokja SDM Balitbangtan Ir. Wisnu Broto, M.S. Kepala Balai Besar Pascapanen Panen periode 2005-2010.

FGD diikuti oleh semua peneliti, staf tata usaha dan kepegawaian serta pejabat struktural lingkup Balittri. Acara dibuka langsung oleh Kepala Balittri Ir. Syafaruddin, Ph.D yang menyampaikan harapan dengan adanya FGD ini dapat membuka wawasan semua staf Balittri untuk melihat lebih dalam mengenai potensi dan kapasitas Balittri, sampai nanti ke depannya bisa menjadi lembaga riset unggulan sesuai mandat dan kepakaran.  Terlebih saat ini juga Balittri sedang mempersiapkan diri untuk menjadi Pusat Unggulan Iptek (PUI). Lebih lanjut Kepala Balittri menyampaikan rasa terimakasih yang sebesarnya karena narasumber dapat meluangkan waktu untuk memberikan arahan dan bimbingan langsung ke Balittri.

Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa isu pangan dan energi sampai saat ini masih menjadi perbincangan hingga skala internasional. Selama ini pangan dan energi dianggap  berkompetisi satu sama lain, dimana mestinya saling bersinergi. Sinerginitas antara keduanya harus kita upayakan secara bersama. Disitulah letak tantangan institusi riset ke depan bagaimana produksi pertanian dapat digunakan bersama-sama sebagai bahan pangan dan juga sumber energi secara bijak dengan memadukan berbagai inovasi, sehingga capaiannya lebih tepat sasaran. Dengan keahliannya sebagai scientist dan birokrat, membuat acara FGD yang hampir empat jam tidak membosankan. Semua peserta terlihat proaktif mendengarkan isi paparan dan terkadang diselingi diskusi yang hangat.

Pada kesempatan yang sama, Wisnu Broto juga memberikan gambaran tentang suatu lembaga riset dari segi manajemen institusi, pengembangan sumber daya hingga konsekuensi setelah menjadi lembaga riset unggulan sampai ditetapkan menjadi PUI, dimana inovasi sangat diharapkan dapat terus tercipta dalam segala bidang.

Usai FGD, bersama peneliti kedua narasumber ini pun menuju ke lokasi Agro Widyawisata Ilmiah (AWwI) untuk melihat kemajuan yang telah dicapai oleh Balittri. Keduanya memberikan apresiasi terhadap kemajuan yang dicapai oleh Balittri. "Perubahan positif sangat nyata terlihat, setelah beberapa tahun lalu berkunjung ke Balittri" ungkap Haryono. Tidak hanya lokasi perbenihan yang menjadi destinasi, namun juga ke bukit Bioenergi dan juga Bioindustri Kopi dan Kakao. Di sela kunjungan ke beberapa tempat ini, beliau juga selalu memberikan arahan dan masukan untuk selalu menjadi yang terbaik.

Setelah puas berkeliling, bercengkrama dan berbagi cerita dengan seluruh peneliti keduanya pun menyampaikan rasa bahagia dan merasa diluar dugaan akan sambutan yang begitu akrab dan penuh kekeluargaan. Tak lupa pula di akhir pertemuan keduanya menyampaikan bahwa kunjungan kali ini tidak akan menjadi yang terakhir. “Terima kasih atas kesempatan waktu dan kebersamaan dengan Kepala Balittri dan para peneliti, dari pagi sampai dengan menjelang sore hari ini. Sungguh sangat membanggakan bagi saya melihat perkembangan Balittri yang sangat baik dan bagus sebagai lembaga penelitian plus kebun percobaan yang produktif dan membanggakan. Salut dan apresiasi yang tinggi untuk leadership yang dinamis dan komunikatif, serta kebersamaan tim di Balittri,” ujar Haryono sambil berpamitan.

 

Artikel terkait