-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 897384
Sosialisasi PVTPP dalam Upaya Pelestarian Varietas Unggul PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Kamis, 31 Mei 2018 10:30

Balittri (30/5) mendapatkan kunjungan dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) Kementerian Pertanian dalam rangka sosialisasi inventarisasi komoditas tanaman industri dan penyegar. Hal ini tentunya sangat erat kaitannya dengan beberapa komoditas yang akan dilepas Balittri diantaranya kopi Robusta Lampung, teh Pagilaran, serta kopi Pagar Alam.


Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Balittri Ir. Syafaruddin, Ph.D, dan didampingi oleh Kepala Seksi Pelayanan Teknik dan Jasa Penelitian Dr. Ir. Samsudin, M.Si serta beberapa peneliti di bidang pemuliaan seperti Dr. Budi Martono, M.Si dan Drs. Laba Udarno. Sri Susilawati, S.H selaku Kepala Subbidang Pendaftaran Peredaran Varietas juga memberikan sosialisasi Peraturan Menteri Pertanian No. 01 Tahun 2006 mengenai syarat penamaan dan tatacara pendaftaran varietas tanaman.



Adapun tata cara pendaftaran perlindungan varietas tanaman dimulai dengan pengisian formulir pendaftaran, melampirkan foto varietas yang dimaksud, surat penugasan dari institusi, dan juga melampirkan beberapa dokumen lainnya seperti surat penunjukkan untuk mendaftar. Dalam sosialisasi ini juga disampaikan bahwa pelayanan pendaftaran varietas ini tidak dikenakan biaya.


Melalui pendaftaran varietas tanaman ini, diharapkan koleksi plasma nutfah dan juga potensi genetik lainnya dapat terjaga (aman), sehingga tidak akan ada claim dari pihak lain nantinya. Dimana plasma nutfah merupakan kekayaan hidup yang tak terhingga, karena dari sinilah cikal bakal dari penghasilan Varietas Unggul Baru (VUB) yang dihasilkan oleh para pemulia.

 

Artikel terkait