-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 17 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 897488
Balittri Jembatani Pengembangan Kompetensi Lewat Praktik Kerja Lapang PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Senin, 04 Juni 2018 10:03

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) turut serta berperan menjembatani pengembangan kompetensi ilmu pertanian bagi perguruan tinggi. Terhitung sejak awal April 2018, mahasiswa Institut Pertanian (Instiper) Yogyakarta melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Melalui PKL ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi mereka. Sebab pengetahuan yang didapat di bangku kuliah harus juga dibekali praktik di lapangan, sehingga memiliki relevansi. Bukan sekedar memiliki softskills saja, tetapi juga penanaman nilai disiplin, kerjasama, komitmen, serta perilaku bekerja. Disisi lain bisa menjadi bekal yang cukup saat terjun di dunia kerja nantinya.

 

Aktivitas yang dilakukan pun sangat beragam. Pada awal kedatangan, ke-6 mahasiswa ini dikenalkan pada kebun percobaan. Mereka diajak melihat komoditas yang ada di Balittri, seperti kopi,kakao, dan karet. Kegiatan pasca panen mulai dari pemanenan hingga proses pengolahan menjadi produk siap konsumsi adalah tugas mereka selanjutnya setelah melihat tanaman koleksi yang ada di kebun percobaan.

 

Selama PKL berlangsung mereka dibimbing oleh peneliti dengan bidang keahlian pasca panen, yaitu Elsera Br.Tarigan, S.Si. dan Asif Aunillah,S.TP., M.Sc. Tak sekedar kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan, mereka juga ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan penelitian bidang ilmu pasca panen. Di sela-sela belajar untuk melakukan analisis proksimat beberapa pada produk hasil penelitian di Laboratorium Terpadu Balittri.

 

Azza, salah mahasiswa PKL Instiper menyatakan sangat senang bisa mendapatkan kesempatan PKL di Balittri. Sehingga banyak ilmu yang didapat untuk menyelesaikan masa studi S-1 nya. Sambutan hangat juga dirasakan saat dirinya dan teman PKL lainnya diajak "liwetan" bersama dengan para Karyawan Balittri. "Kami bersyukur bisa mendapatkan kesempatan menimba ilmu disini", ungkapnya