-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 10 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 876751
Bank Mandiri Lirik Sektor Pertanian untuk Kemajuan Petani Indonesia PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Syafaruddin   
Selasa, 26 Juni 2018 15:53

Dunia perbankan terus mengembangkan lingkup pendekatan ke masyarakat dan tentunya juga ke lembaga atau instansi resmi pemerintah. Demikian halnya dengan bank Mandiri cabang Cibadak dan Sukabumi, seperti pada hari ini (26 Juni 2018), tiga pejabat inti, yaitu  Denny Arielyanto  (Branch Manager), Helmi Hendarsyah  (Priority Bangking Manager), dan Aris Ismail (Branch Operation Manager), ketiganya berkunjung ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) dalam rangka pemaparan produk unggulan bank Mandiri, diskusi berlangsung di ruang kepala balai, Ir. Syafaruddin, Ph.D. Disampaikan peluang-peluang dan benefit serta kemudahan-kemudahan yang diperoleh sebagai nasabah bank Mandiri.

Pembahasan selanjutnya sampai pada puncak keterlibatan bank Mandiri dengan para petani (nasabah), sehingga pembicaraan terfokus pada produksi benih unggul bersertifikat yang diproduksi oleh Balittri. Pihak bank Mandiri memperoleh informasi bahwa Balittri memproduksi benih untuk dibagikan kepada petani atau stake holders yang membutuhkan secara gratis. Tertarik dengan informasi tersebut, menggiring ketiga pejabat ini untuk tahu lebih detail dengan melihat langsung ke lapangan (kebun percobaan) dimana terdapat lokasi perbenihan. Banyaknya nasabah bank Mandiri yang berprofesi sebagai petani, membuat bank Mandiri juga merasa berkewajiban untuk memberikan sumbangsih demi peningkatan taraf hidup para petani tersebut. Kaitannya dengan masalah perbenihan, "kami akan menjembatani kebutuhan-kebutuhan nasabah kami khususnya petani, akan perlunya menanam komoditas unggulan yang berkualitas" demikian ucap Deny.

Langkah selanjutnya, bank Mandiri cabang Cibadak akan mendata petani-petani yang menjadi nasabah yang mempunyai keinginan untuk mengembangkan komoditas tanaman industri seperti kopi, kakao dan karet. Dari identifikasi jumlah petani tersebut, nantinya akan didata lebih detail terkait jumlah benih yang dibutuhkan, sehingga daftar dan jumlah petani tersebut bisa dikoordinasikan dengan Balittri. Ketersediaan benih unggul bersertifikat produksi 2017 yang masih sangat tersedia yaitu kakao sekitar 300.000 benih. Sementara kopi arabika dan robusta sudah sangat terbatas, mengingat sudah didistribusikan ke petani mulai dari bulan Mei lalu. Sedangkan untuk tanaman karet hasil okulasi siap dibagikan sekitar bulan September 2018.

Semoga langkah dan usaha yang dilakukan oleh pihak perbankan ini, akan semakin mengakselerasi kemajuan dan peningkatan taraf hidup petani Indonesia untuk menjadi jauh lebih layak. Usaha mulia bank Mandiri ini kiranya menjadi penyemangat Balittri. Mitra kerjasama seperti ini, layaknya untuk terus ditingkatkan demi pencapaian kinerja kedua instansi yang berfokus pada kemajuan petani Indonesia.