-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 22 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 898437
Upgrade Kompetensi Laboran dalam Pemanfaatan Alat Laboratorium PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Ilham NAW dan Intan Nurhayati   
Selasa, 07 Agustus 2018 07:45

Peningkatan kompetensi penanganan dan pemanfaatan peralatan laboratorium harus selalu dilakukan seiring perkembangan teknologi di bidang tersebut.  Salah satu alat yang sering digunakan dalam aktivitas di laboratorium adalah pipet. Supaya lebih paham dengan alat satu ini, maka pada hari Rabu, tanggal 1 Agustus 2018 bertempat di laboratorium terpadu Balittri telah diadakan workshop pelatihan teknik dasar penggunaan pipet dan cara pemeliharaan oleh team dari Infinity Bioanalitika Solusindo (IBS). Acara ini diikuti oleh peneliti, teknisi dan mahasiswa yang sedang magang di Balittri.

Team dari IBS mengupas tuntas apa itu pipet dari fungsi, bahan yg bisa dipipet sampai dengan jenis pipet dari yang sederhana sampai dengan yang mutakhir. Ada beberapa pipet yg belum pernah digunakan peserta, salah satunya adalah multipette yang berbasis elektrik. Narasumber juga menyampaikan bahwa dalam penggunaan pipet ada 2 hal utama yang harus diperhatikan, yaitu akurasi dan presisi. Pemaparan materi juga disertai dengan praktek langsung sehingga peserta dapat memahami dengan jelas.

Ternyata ada banyak hal baru yang sebenarnya kelihatan sepele namun berpengaruh terhadap hasil. Contohnya dari posisi pipet saat mengambil sampel dan posisi tip dalam cairan. Peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya apa saja terkait pipeting, baik dari materi yang diberikan narasumber maupun pengalaman pribadi dari peserta.

Pada sesi terakhir narasumber menyampaikan prosedur perawatan pipet supaya awet dan terjaga. Dalam sesi ini peserta dilibatkan secara langsung untuk mengetahui prosedurnya. Setelah dipraktekkan, bongkar pasang pipet ternyata cukup mudah tetapi tetap harus hati-hati dan teliti. Dengan adanya workshop ini, peserta mendapat pengetahuan baru dan diharapkan skill dari peneliti dan teknisi Balittri meningkat.

 

Artikel terkait