-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 22 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 874748
Summer Course IPB untuk Mahasiswa Asean Tambah Ilmu di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Kamis, 16 Agustus 2018 07:46


Balittri kembali dipercaya untuk menjadi tempat pelaksanaan Summer Course yang diadakan oleh Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB), Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA)-IPB setelah tahun 2017 telah sukses dilaksanakan. Tahun 2018 kegiatan ini bertajukkan "Green Technology for Sustainable Tropical Agriculture" yang memfokuskan pada pemanfaatan teknologi ramah lingkungan dalam sistem produksi pertanian tropis berkelanjutan. Summer Course kali ini akan direncanakan pada 13-18 Agustus 2018.


Sebagai inisiasi dari rencana tersebut, tim dari program internasionalisasi TMB IPB, melakukan visitasi ke Balittri, Rabu (1/8/2018) dalam rangka mempersiapkan keperluan untuk keberhasilan Summer Course ini. Diterima langsung oleh Kepala Balai, Ir. Syafaruddin, Ph.D dan didampingi oleh Kasie Yantek dan Jaslit Dr. Ir. Samsudin, M.Si. Perbincangan sangat komprehensif, terkait pembahasan pelaksanaan kegiatan lapangan di Balittri. Selain pembelajaran tentang tanaman perkebunan dan prosesing bioindustri kopi dan kakao, juga akan dilakukan malam keakraban dengan berkemah di kawasan pinus Balittri.


Seperti tahun sebelumnya, Balittri menyambut dengan tangan terbuka diadakannya kegiatan Summer Course. Kegiatan ini tentunya akan menjadi sarana diseminasi bagi Balittri ke berbagai universitas di Jepang khususnya, dan negara-negara di Asia lainnya. Selain itu, ini merupakan ajang promosi secara kelembagaan untuk Badan Litbang Pertanian bahwa salah satu UPT nya (Balittri) telah menjadi destinasi studi bagi mahasiswa internasional.


Pertanian di masa mendatang akan dihadapkan pada berbagai tantangan dan juga kesempatan yang menarik bagi para mahasiswa dan peneliti untuk meningkatkan pendekatan, metode dan teknologi baru untuk memberikan solusi pertanian yang lebih baik. Kegiatan Summer Course ini fokus pada tiga komoditas perkebunan utama di Indonesia, yaitu kelapa sawit, kopi dan kakao. Selain itu, dengan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman betapa pentingnya ketiga komoditas tersebut baik aspek manajemen produksi maupun pada konsumsi globalnya sehingga dapat menjadi perhatian utama dari generasi muda. Selanjutnya diharapkan pendalaman materi lapangan ini mampu memberikan nilai tambah bagi para mahasiswa asing,  khususnya terhadap komoditas perkebunan yang selalu menjadi primadona dunia.

 

Artikel terkait