-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 32 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 874737
BIMTEK KOPI: Bangkitkan Kejayaan Kopi di Pulau Terdepan Indonesia PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Rabu, 05 September 2018 07:30

Jum'at (31/8), Ruang rapat kantor Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) mendadak dipadati oleh rombongan yang tergabung dalam Coffee Lovers Indonesia (CLI). Kedatangan mereka untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) kopi di Balittri. Ke 68 anggota CLI ini berasal dari berbagai daerah, seperti Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Riau, Bengkulu, Jawa Barat dan Jakarta. Sebagian besar berasal dari Kalimantan Utara. Peserta Bimtek, juga didampingi oleh pejabat teras ke pengurusan CLI pusat, Jamil Musanif dan Hansen Gozali yang juga menyampaikan maksud dan tujuan Bimtek kali ini.

Rombongan Bimtek disambut oleh Ir. Syafaruddin, Ph.D selaku Kepala Balai serta didampingi oleh Kasie Yantek dan Jaslit, Dr. Ir. Samsudin, M.Si. Kepala Balai menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan CLI yang kesekian kalinya ke Balittri. Hal ini berarti Balittri dipercaya oleh para penikmat dan penggiat kopi di penjuru nusantara menjadi tujuan untuk menggali informasi mengenai budidaya kopi. Dijelaskan pula, Balittri dengan tangan terbuka siap melakukan pendampingan baik mengenai budidaya dan juga pengolahan kopi. Pastinya dengan sentuhan inovasi dari peneliti Balittri. Hal ini semata-mata demi membangkitkan kopi sebagai komoditi sub sektor perkebunan yang menjanjikan secara komersil.


Peserta Bimtek dari masing-masing daerah memanfaatkan kesempatan untuk bertanya terutama yang menjadi permasalahan krusial tentang perkopian di wilayahnya. Beragam pertanyaan mulai dari pengolahan lahan, teknik budidaya, hingga akses mendapatkan benih kopi dengan varietas unggul. Beberapa petani kopi dari Krayan, Kaltara, sangat antusias mengikuti bimtek ini. Seperti diketahui bersama, Kecamatan Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara merupakan bagian dari pulau terdepan di Indonesia. Lokasinya berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Topografi di wilayah ini juga terletak di dataran tinggi. Sesuai dengan peruntukkannya, maka kopi arabika sangat tepat untuk dikembangkan di daerah ini.

Mantan Sekda Kab. Nunukan Drs. Tommy Harun, M.Si juga memberikan respon positif terhadap pelaksanaan Bimtek ini. "Kedepannya kami harapkan semoga Balittri bisa bersinergi dengan Krayan, untuk membantu membangkitkan komoditas kopi di kawasan perbatasan" ungkapnya. Semoga sumbangsih pemikiran dari Balittri untuk menjadikan Kaltara sebagai sentral kopi berbasis organik dapat menjadi kenyataan.

 

Artikel terkait