-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
PPID
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 31 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 896109
10 Juta Benih Perkebunan untuk Kejayaan Petani Indonesia PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Senin, 24 September 2018 15:45


(24/9) Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian menggelar perhelatan besar sebagai upaya peningkatan komoditas perkebunan di Indonesia. Kegiatan ini dikemas dalam "Launching dan Distribusi 10 Juta Benih Perkebunan Untuk Petani Indonesia". Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) diberi kepercayaan sebagai tuan rumah pelaksanaan acara ini. Sebanyak 10 Juta benih unggul bersertifikat disalurkan kepada petani melalui koordinasi dengan stakeholder baik pusat maupun daerah.


Kebun percobaan Agrowidya Wisata Ilmiah milik Balittri seluas 160 Ha juga disulap menjadi lokasi pelaksanaan acara ini. Beberapa Kepala Daerah seperti Bupati Kab. Bandung, Bupati Serang, Bupati Oku Selatan, Sekda Pandeglang, Kepala Dinas Pertanian dan Dinas Perkebunan dari berbagai provinsi, praktisi akademis, pejabat lingkup Balitbangtan Kementerian Pertanian RI, serta para petani dari berbagai daerah.


Sebagai pembuka dilakukan prosesi pemecahan kendi yang dilakukan Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. H. Muhammad Syakir, MS untuk melepas 30 truk pengangkut benih untuk diantarkan ke seluruh wilayah yang menjadi penerima benih bersertifikat. Secara simbolis pemberian benih juga diberikan kepada Kepala Daerah dan perwakilannya.


Kepala Badan Litbang Pertanian mewakili Menteri Pertanian menyampaikan komoditas perkebunan yang sebagian besar dikelola oleh perkebunan rakyat memiliki nilai ekonomi dan juga menjadi potensi dalam peningkatan pendapatan bagi petani bahkan bagi devisa negara. Nilai ekspor perkebunan pun mengalami peningkatan sebesar 9%. "Produksi benih sebar unggul dan bersertifikat,yang kemudian didistribusikan dalam jumlah yang besar merupakan salah satu upaya pemerintah guna meningkatkan komoditas perkebunan" Tegasnya.


Usai Acara, tamu undangan juga diajak untuk melihat lokasi perbenihan Kopi, Kakao dan Karet milik Balittri. Dalam rangkaian acara ini, juga diselenggarakan bimtek yang diikuti oleh petani. Bimtek ini dibagi menjadi beberapa sesi acara seperti, Tak en Kopi Robusta, Grafting Kakao, Grafting Pala, Pengolahan Kopi dan Kakao, serta Okulasi Karet.

 

Artikel terkait