-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
PPID
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 24 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 896067
Penderasan Diseminasi Inovasi dan Teknologi Tanaman Perkebunan melalui Bimtek PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Intan Nurhayati dan Ilham Nur Ardhi Wicaksono   
Selasa, 25 September 2018 07:30

Kegiatan bimtek sudah tidak asing lagi bagi Balittri. Namun ada yg berbeda pada bimtek kali ini. Hal ini karena penyelenggaraannya bersamaan dengan kegiatan "Launching dan Distribusi 10 Juta Benih Perkebunan untuk Petani Indonesia",  yang bertemakan "Inovasi Teknologi Perbenihan Mendukung Kebangkitan Rempah Indonesia“ di Agro Widyawisata Ilmiah (AWwI), Balittri pada hari Senin 24 September 2018.


Keunikan lainnya adalah kekayaan materi yang disampaikan. Tidak hanya meliputi tanaman mandat Balittri saja (kopi, karet, dan kakao), tetapi juga tanaman kelapa (mandat Balitpalma), tebu (mandat Balittas), lada, pala, dan cengkeh (mandat Balittro). Dan pastinya pematerinya pun berasal dari Balitpalma, Balittas dan Balittro.


Peserta datang dari daerah dan latar belakang profesi yang berbeda, diantaranya penyuluh dari BPTP, akademisi dan praktisi pertanian dari penjuru nusantara. Namun demikian, mereka semua sama-sama menampakkan keseriusan dan ketertarikan untuk mengikuti materi demi materi yang disampaikan.


Sesi pertama adalah pemaparan materi secara teoritis yg disampaikan oleh pemateri yang handal di bidangnya. Salah satunya adalah Dr. Ir. Ismail Maskromo, M.Si yang mengupas tuntas tentang kelapa kopyor. Dalam penyampaiannya beliau langsung membawa sampel kelapa kopyor dari Pati sehingga peserta paham perbedaan antara kelapa biasa dengan kelapa kopyor. Narasumber juga melakukan interaksi dengan audiens sehingga membuat suasana lebih hidup. Sesi kedua adalah praktek dimana peserta dibawa ke lokasi dan diajari langsung teknik-teknik budidaya dan pascapanen.


Kegiatan bimtek ini dirasa cukup bagus dan menambah wawasan peserta. Sebagai contoh Dr. Dadang Sumardi yang mewakili Dekan Sekolah Tinggi Ilmu Hayati ITB, beliau menyampaikan bahwa acara ini ternyata bukan hanya seremonial saja namun ada kegiatan lain di dalamnya yang sangat berguna bagi penggiat pertanian. Selain itu beliau mengharapkan adanya jalinan kerjasama antara STIH ITB dan Balittri ke depan untuk kemajuan pertanian Indonesia, baik dalam bidang penelitian maupun pengembangan SDM  untuk kemajuan pertanian Indonesia.