-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
PPID
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 13 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 895969
Kunjungi Kebun Percobaan Pakuwon : Balittri Sangat Representatif PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Senin, 01 Oktober 2018 07:30

Guru menjadi unsur terpenting dalam pembentukkan kualitas pendidikan. Seorang guru dituntut memiliki kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan bidang pekerjaannya. Sebagaimana amanat UU no 14 tahun 2005 bahwa kompetensi guru itu mencakup kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional. Tak bisa dipungkiri, guru merupakan ujung tombak pendidikan yang menjadi tumpuan pencetak generasi generasi emas.


Diperlukan dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan itu semua. Begitu juga dengan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Balittri juga selalu berupaya untuk dapat berkontribusi bagi kemajuan pendidikan. Terutama pada pendidikan pertanian. Berangkat dari hal tersebut, sebanyak 45 tenaga pendidik yang berasal dari SMKN 1 Temanggung berkunjung ke kebun Percobaan Balittri untuk mengikuti bimbingan teknis mengenai teknik budidaya tanaman perkebunan dan pascapanennya. Setiba di Agrowidya Wisata Ilmiah (AwWI), rombongan didampingi oleh peneliti Balittri diantaranya Ir. Handi Supriadi, Dewi Nurrokhmah, M.Sc, dan Sakiroh, M.Sc. Mereka diantar meninjau kebun entres serta lokasi perbenihan kopi robusta dan arabika.


Di lokasi ini mereka melihat proses perkembangbiakan vegetatif melalui teknik stek berakar, membedakan berbagai jenis tanaman kopi, baik excelsa, arabika, maupun robusta. Selesai berkeliling kebun, peserta pun diajak mengunjungi area pengolahan kopi dan kakao. Tidak lupa, mereka pun mencicipi coklat khas Balittri serta membeli nya untuk dijadikan buah tangan.


Kepala Humas SMKN 1 Temangung, Fathoni Reza Irfanto, S.Pd menyampaikan rasa kagumnya kepada Balittri, setelah melihat secara keseluruhan lokasi perbenihan. "Balittri memang sangat representatif untuk dijadikan lokasi study banding" ungkapnya.

 

Artikel terkait