-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 27 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 874735
Bimtek Kopi : Mengulik Rahasia, Menggapai Asa Demi Bumi Semendo PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Rabu, 17 Oktober 2018 07:41

Semendo merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Lokasinya yang berada di dataran tinggi bukit barisan, menjadikannya terkenal sebagai sentra perkebunan kopi. Jenis kopi yang ditanam di wilayah ini sebagian besar masuk pada kategori robusta. Meskipun dikenal sebagai penghasil kopi terbesar, semerbak kopi Semendo agaknya belum menyebar. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya ketersediaan benih unggul dan juga keberadaan benih sumber di wilayah ini.

Hal ini kemudian menjadi perhatian khusus bagi pemerintah setempat sebagai upaya meningkatkan produktivitas tanaman kopi di Kabupaten Muara Enim. Melalui Dinas Perkebunan Muara Enim, Selasa (16/10) dilakukan kunjungan bimbingan teknis (Bimtek) ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Sukabumi. Bimtek ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan SDM ASN pada Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim sehingga memiliki tenaga terampil dibidang  perbenihan. Melalui bimtek ini, kedepannya ilmu yang didapat dari Balittri dapat ditransfer kepada petani setempat secara langsung, diantaranya teknik perbanyakan yang baik dan tepat  melalui cara generatif maupun vegetatif.

Perbanyakan secara generatif dan vegetatif merupakan langkah untuk menjamin ketersediaan benih tanaman secara berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian RI No:50/Permentan/KB.020/09/2015 mengenai Produksi Sertifikasi Peredaran dan Pengawasan Benih Tanaman Perkebunan.

Dalam kesempatan ini, peserta terlebih dahulu mendapatkan penjelasan berkaitan selayang pandang Balittri, yang disampaikan oleh Kasie Yantek dan Jasllit, Dr. Ir Samsudin, M.Si. Selanjutnya peserta diajak untuk meninjau lokasi perbenihan kopi robusta dan  kebun entres di kawasan kebun percobaan Pakuwon.

Bimtek ini direncanakan akan berlangsung selama 2 (dua) hari. Pada hari berikutnya peserta akan mempelajari praktik teknik perbanyakan secara vegetatif, diantaranya metode sambung tak en, grafting, dan stek berakar. Yulianingsih, salah satu perwakilan dari Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim menyampaikan, melalui bimtek ini diharapkan akan akan meningkatkan kompetensi SDM di dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim. Terlebih kopi akan menjadi komoditas utama di kabupaten ini. Selain itu, Yulianingsih menambahkan, kedepannya diharapkan kopi Semendo bisa berjaya sesuai dengan visi dan misi Kepala Daerah menuju Kabupaten Agropolitan. “Terima Kasih Balittri”, sambungnya.

 

Artikel terkait