Peran Serta Balittri pada Koordinasi Pengembangan Produksi Tanaman Tahunan dan Penyegar Dinas Perkebunan Jawa Barat

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Rapat Koordinasi Pengembangan Produksi Tanaman Tahunan dan Penyegar  diselenggarakan oleh  Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat pada tanggal 28 Februari 2018  bertempat di Ruang Rapat lantai III  Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Jl Surapati No. 67 Bandung, Jawa Barat.  Peserta yang hadir pada acara tersebut berasal dari Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat,Dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten  lingkup Provinsi Jawa Barat, Direktorat Jenderal Perkebunan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balittri) dan Lembaga Riset Perkebunan Nusantara (PPTK Gambung).

Acara di mulai dengan pembukaan/sambutan oleh Kepada Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, dilanjutkan  pemaparan Kebijakan Pengembangan Produksi Tanaman Tahunan Teh, Kopi, kakao dan karet  di Jawa Barat  oleh Kasubdit Tanaman Penyegar, Ditjenbun dan presentasi    inovasi teknologi budidaya kopi, kakao dan karet oleh peneliti dari dari Balitti (Ir. Handi Supriadi (kopi dan kakao) dan Ir. Rusli (karet) serta inovasi teknologi budidaya teh oleh peneliti dari PPTK Gambung.  Acara di akhiri dengan penyampaian Teknis Pelaksaan Demplot Tanaman Tahunan dan Penyegar oleh Kasi Tanaman Tahunan dan Penyegar, Disbun Jawa Barat.

Untuk menunjang pengembangan kopi  dan karet di Provinsi Jawa Barat, Ditjenbun memerlukan benih unggul bersertifikat.  Dari hasil diskusi terungkap bahwa benih kopi (Arabika dan Robusta) seta  karet untuk kegiatan pengembangan tersebut berasal dari Badanlitbang Pertanian (BalittrI).  Ditjenbun telah menyiapkan biaya transportasi   untuk mendistribusikan benih kopi dan karet di daerah pengembangan di Jawa Barat dan biaya saprodi untuk penanamannya di lapang. Agar benih kopi dan karet yang akan didistribusikan ke daerah pengembangan tepat sasaran , Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat telah melakukan koordinasi dengan dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten lingkup Jawa Barat.

Pelaksaan Demplot Tanaman Tahunan dan Penyegar akan dilakukan pada tahun 2018  di beberapa kabupaten lingkup Provinsi Jawa Barat.  Untuk menunjang keberhasilan kegiatan tersebut Balittri merekomendasikan inovasi teknologi budidaya  kopi, kakao dan karet yang dapat meningkatkan produktivitas untuk ke tiga jenis tanaman tersebut.

Highlights



Pengunjung

We have 161 guests and no members online

Statistik

Articles View Hits
1049052

Kunjungan

Hari IniHari Ini311
KemarinKemarin636
Minggu IniMinggu Ini4748
Bulan IniBulan Ini311
TotalTotal39944
IP Anda : 3.238.98.39

Hak Cipta © 2017 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)
Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62-266-6542181 Fax. +62-266-6542087 e-mail: balittri@litbang.pertanian.go.id, balittri@gmail.com