Akselerasi Pelepasan Varietas Unggul Tanaman Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Benih yang unggul dan bermutu benar secara kualitas dan kuantitas merupakan salah satu aspek penting yang menjadi modal dasar dalam penilaian dan pengembangan varietas tanaman perkebunan. Hal inilah yang menjadi landasan bagi Provinsi Sumatera Selatan untuk segera melakukan identifikasi dan karakterisasi awal dalam kerangka program mengakselerasi pelepasan varietas unggul tanaman perkebunan dan memahami petunjuk Permentan Nomor 40/PERMENTAN/TP.010/11/2017 tentang Pelepasan Varietas Tanaman. Kegiatan tersebut terkemas pada acara "Sosialisasi Varietas Unggul Tanaman Perkebunan" yang diselenggarakan di hotel Grand Inna Palembang pada hari Rabu (14/11/2018).

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan, H. Fakhrurrozi,  dan dipandu oleh Kepala Seksi Tanaman Perkebunan Havisman, S.P, M.Si menghadirkan narasumber antara lain Kasubdit Penilaian Varietas dan Pengawasan Mutu Benih Perkebunan, Kepala Balittri, Group PT. Wilmar Plantation, dan PT.Binasawit Makmur. Acara yang dihadiri oleh beberapa Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, dan Dewan Kopi di Provinsi Sumsel berlangsung dengan penuh kajian ilmiah. Acara ini diawali dengan penyerahan buku kumpulan Deskripsi Varietas Tanaman Perkebunan dari Kasubdit Penilaian Varietas dan Pengawasan Mutu Benih Perkebunan Ir. Arifah Sri Hananingsih, MM, dan dilanjutkan dengan menyampaikan penjelasan tentang “Regulasi dan Kebijakan Perbenihan Tanaman Perkebunan”. Selanjutnya, Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Ir. Syafaruddin, Ph.D, menyampaikan paparan tentang Inisiasi Kerjasama Riset dan Pengembangan Varietas Tanaman Kopi di Provinsi Sumatera Selatan. Dalam pemaparannya, Kepala Balittri, juga menyampaikan hasil riset identifikasi dan karakterisasi kopi Robusta melalui pengamatan secara molekuler dan morfologi tanaman hasil penelusuran Blok Penghasil Tinggi (BPT) di kabupaten Muara Enim, Lahat, dan OKU Selatan.

Acara sosialisasi ini semakin berkembang menarik dan membangkitkan semangat melalui diskusi tentang perkembangan varietas unggul hasil temuan dan perakitan yang berkembang di Provinsi Sumsel terutama tanaman kopi, kelapa sawit, karet, dan kemiri. Pada akhirnya, acara ini ditutup oleh Kasubdit Penilaian Varietas dan Pengawasan Mutu Benih Perkebunan, Ditjen Perkebunan. Beliau mengapresiasi suksesnya acara ini dengan materi-materi yang menarik dan perlu dipahami bersama bahwa setiap provinsi akan berlomba-lomba mengusulkan pelepasan varietas sebagai materi genetik unggulan sesuai identifikasi dan karakteristik yang berkembang di daerahnya agar berkembang secara nasional.

Highlights



Pengunjung

We have 66 guests and no members online

Statistik

Articles View Hits
1049007

Kunjungan

Hari IniHari Ini291
KemarinKemarin636
Minggu IniMinggu Ini4728
Bulan IniBulan Ini291
TotalTotal39924
IP Anda : 3.238.98.39

Hak Cipta © 2017 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)
Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62-266-6542181 Fax. +62-266-6542087 e-mail: balittri@litbang.pertanian.go.id, balittri@gmail.com