-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 899978
Forum Tugas Belajar Balitbangtan Eksplorasi Ide Penelitian di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Senin, 03 Desember 2018 07:30

Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang terus berupaya melahirkan inovasi yang dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Hal ini tentu saja harus didukung dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu. Salah satu peningkatan mutu SDM Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) adalah dengan melaksanakan program tugas belajar.


Minggu, (25/11/2018) Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) menerima kunjungan forum petugas belajar lingkup Balitbangtan. Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan pembekalan yang telah dilaksanakan sejak hari Jumat sebelumnya. Sebanyak 25 peserta forum tugas belajar tersebut tengah melanjutkan program magister dan doktoral di berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat, diantaranya IPB, ITB, UI, dan UNPAD.


Ka. Subbag TU Balittri, Mansurudin, S.E mewakili Kepala Balai menyampaikan ucapan selamat datang ke Balittri. Disampaikan pula berdasarkan arahan Sekretaris Badan Litbang, bahwa dengan adanya kunjungan ini diharapkan peserta belajar bisa mendapatkan ide-ide mengenai penelitian mereka. “Silahkan memanfaatkan moment ini untuk lebih memperkaya wawasan” sambungnya. Balittri pun terdapat beberapa peneliti yang tengah mengikuti tugas belajar baik di dalam maupun di luar negeri. Di tahun 2018 ini terdapat 3 orang, diantaranya Elsera Br Tarigan S.Si., Dani M.Sc., dan Iing Sobari S.P.


Beragam komoditas perkebunan yang ada di kawasan Agrowidya Wisata Ilmiah rupanya menarik perhatian sebagian besar peserta tugas belajar. Didampingi oleh peneliti Balittri, Dewi Nur Rokhmah, M.Sc. dan Nur Kholis Firdaus, M.Sc., peserta diajak berkeliling mulai dari perbenihan kopi dan kakao, pengolahan pascapanennya, serta pengolahan bahan bakar nabati dari minyak kemiri sunan.


Berbagai capaian inovasi yang sudah dihasilkan oleh Balittri sudah pasti didukung oleh keberadaan SDM peneliti yang kompeten di bidangnya dan juga ketersediaan sarana dan prasarana pendukung penelitian. Pada kesempatan yang sama, Destika Cahya, M.Sc. selaku ketua rombongan  mengharapkan ada keberlanjutan dari kunjungan ini. Semoga kedepannya para peserta belajar juga bisa bekerjasama dengan Balittri berkaitan dengan penelitian yang akan dilakulan. “Selama ini beberapa yang sering menjadi kendala bagi kami adalah kurang lengkapnya peralatan yang ada di perguruan tinggi” sambungnya.  Usai berkeliling, peserta menikmati jamuan makan siang di lokasi cafetaria Agrowidya Wisata Ilmiah, sambil beristirahat menikmati apiknya pengelolaan kebun percobaan milik Balittri.

 

Artikel terkait