-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 15 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 899994
Pemantapan Peran Peneliti sebagai Author pada Open Journal System PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Arifa N. Chan   
Rabu, 05 Desember 2018 07:30

Peneliti yang berkualitas adalah peneliti yang mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya mulai dari merencanakan penelitian, melaksanakan penelitian, menganalisis data penelitian, dan melaporkan hasil penelitian secara ilmiah. Hasil penelitian hendaknya tidak hanya dilaporkan kepada atasan atau institusi namun juga dapat dipublikasikan sehingga dapat memberi manfaat langsung dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari Senin (03/12/2018) bertempat di Aula Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) telah berlangsung acara Workshop dan Sosialisasi Open Journal System (OJS) untuk Author (Penulis) yang dihadiri oleh seluruh peneliti Balittri. Acara ini bertujuan untuk memantapkan peran peneliti sebagai penulis dalam mempublikasikan karya tulis ilmiah (KTI) pada terbitan berkala ilmiah (TBI) melalui platform OJS secara online.


Dalam sambutannya, Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian (Kasie Yantek & Jaslit) Balittri, Dr. Ir. Samsudin, M.Si mengingatkan untuk tetap mengedepankan publikasi ilmiah dalam hal ini jurnal sebagai indikator kinerja utama dan merupakan tanggung jawab bersama dan tidak dapat berdiri sendiri dalam penyelesaian masalahnya. Hal ini tentu berkaitan dengan tugas dan fungsi Unit Kerja dan Unit Pelaksana Teknis (UK/UPT) sebagai lembaga penelitian serta juga sebagai tanggung jawab fungsional peneliti dalam mempublikasikan KTI. Selain pengelola jurnal, peneliti sebagai penulis juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan tata kelola jurnal yang menuntut seluruh komponennya untuk dapat memahami dan menguasai sesuai platform yang digunakan.


Turut hadir dalam acara tersebut narasumber dari Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Slamet Sutriswanto, A.Md yang memberikan materi dasar pemahaman dan penguasaan OJS, alur keredaksian dan penerbitan, serta benefit yang akan didapat oleh penulis. Penguasaan OJS oleh penulis merupakan bagian terpenting karena penulis merupakan peran yang selalu terlibat mulai dari submission hingga article publishing. Jika peran ini dapat dikuasai secara teknis sepenuhnya oleh peneliti sebagai penulis, maka hal ini dapat meminimalisir keterlambatan proses penerbitan atau ketergantungan penulis kepada pengelola jurnal dalam mempublikasikan KTI. Namun tidak kalah pentingnya, asistensi dari pengelola jurnal juga harus tetap dikedepankan agar dapat menghindari ketidaknyamanan baik dari sisi penulis, editor, reviewer atau peran penting lainnya di OJS sehingga dapat menjaga keberkalaan dan reputasi jurnal yang dikelola.

 

Artikel terkait