-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
WBK
PPID
Kalender Tanam
Sigap UPG
perpus_digital
TV-TANI
satu-layanan
Lapor.go.id
Saber Pungli
SKM
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 17 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 978520
Pembinaan SDM dan Sosialisasi Peraturan Jabatan Fungsional Peneliti Lingkup Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Jajat Sudarajat   
Selasa, 11 Desember 2018 07:30

Dalam rangka merespon perkembangan regulasi kepegawaian secara umum, dan khususnya regulasi jabatan fungsional Peneliti, telah dilaksanakan acara pembinaan SDM lingkup Badan Litbang Pertanian dan Sosiallisasi peraturan jabatan fungsional peneliti terkait terbitnya Permenpan No. 34 Tahun 2018 dan Perka LIPI No. 14 Tahun 2018, dengan Nara Sumber dari TP2U Puslitbang Perkebunan dan TP2I Kementerian Pertanian masing-masing Prof. Dr. Deciyanto Soetopo, MS. Dan Prof. Elna Karmawati, MS. Acara dihadiri oleh seluruh PNS lingkup Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, pada hari Kamis, 6 Desember 2018.


Acara dibuka oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balittri Mansurudin, SE. mewakili Kepala Balittri. Pemaparan pertama disampaikan Prof.Dr. Deciyanto tentang Pembinaan SDM secara umum. Beliau memaparkan tentang Status kelembagaan sebagai Lembaga Penelitian yang harus tetap exist dengan dukungan sumberdaya, khususnya sumberdaya manusia yang harus tetap unggul dalam aspek kuantitas dan kualitas yang dimilikinya, supaya lembaga penelitian ini survive dalam menghadapi tantangan dari lingkungan strategis yang dihadapi.


Penurunan kuantitas SDM akibat berbagai faktor seperti adanya pensiun pegawai regular dan  adanya kebijakan pemerintah serta terbatasnya formasi pengadaan baru harus disiasati dengan upaya-upaya berupa peningkatan kualitas SDM untuk semua unsur dalam  jabatan PNS. Tidak terkecuali dalam hal ini seorang Peneliti harus berusaha untuk meningkatkan kapabilitasnya supaya bisa mengikuti proses dinamika perkembangan organisasi ke depan.


Selanjutnya pada kesempatan berikutnya Prof. Elna memaparkan tentang implikasi dan teknis atas terbitnya Permenpan No. 34 Tahun 2018 dan Perka LIPI No. 14 Tahun 2018. Beliau memaparkan tentang keterkaitan regulasi Peraturan, mulai dari UU. No. 5 Tahun 2014, PP. No. 11 Tahun 2017, Permenpan No. 34 Tahun 2018 dan Perka LIPI No. 14 Tahun 2018.


Dengan telah terbitnya regulasi sebagaimana tersebut, tidak ada pilihan bagi seorang peneliti untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Adanya perubahan orientasi dari semula berorientasi outcome berupa Angka Kredit menjadi Hasil Kerja Minimal dari seorang Peneliti dalam menapaki jenjang karier jabatan fungsional peneliti menuntut adanya perubahan sikap dan orientasi dari peneliti yang bersangkutan.


Materi yang disajikan meliputi: Standar Kompetensi, Hasil Kerja Minimal, formasi jabatan peneliti yang berkaitan dengan beban kerja organisasi dan SKP Peneliti yang berkorelasi dengan pemenuhah jumlah Angka Kredit bersifat Tahunan dan Hasil Kerja Minimal seorang peneliti dalam waktu tiap 4 tahun.

 

Artikel terkait